Wujudkan SDM Unggul untuk Bangkitkan Wisata Nias lewat Pustaka Berjalan

Sandiaga Yakin BIP dan Dana Hibah Bikin Bisnis MICE Bertahan
August 19, 2021
Toko Virtual, Cara Brand Lokal Rangkul Pelanggan di Masa Pandemi
August 19, 2021

Inews.id/Vien DImyati/Diterbitkan 19 Agustus 2021 pukul 18.25 WIB

JAKARTA, iNews.id – Travelling ke Nias belum lengkap tanpa menikmati keindahan alam yang memesona. Mulai dari laut, pulau, hingga pantai memiliki daya pikat tersendiri. Namun, di balik keindahan Nias, diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk memajukan pariwisata Nias. SDM berkualitas ini bisa diwujudkan dengan cara memberikan akses pendidikan kepada anak dini. Salah satunya melalui pustaka berjalan.

Belum lama ini, Askrindo memberikan bantuan Mobil Pintar Askrindo (MoPi) kepada PAUD Baluse di Kabupaten Nias Selatan. Penyerahan mobil pintar ini dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati dan disaksikan langsung oleh Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha.  Asisten Deputi TJSL Kementerian BUMN, Agus Suharyono turut menyaksikan secara online kegiatan penyerahan MoPi Askrindo kepada perwakilan PAUD Baluse di Nias Selatan yang dilakukan oleh Direktur Kepatuhan, SDM dan Manajemen Risiko Askrindo Kun Wahyu Wardana, yang dilakukan secara online.

Kegiatan yang dilaksanakan bersama dengan PAUD Institute ini, menjadikan total MoPi Askrindo yang telah beroperasi di beberapa wilayah Indonesia sebanyak 21 unit.  Kun Wahyu Wardana mengatakan, kegiatan ini untuk mendukung pendidikan sesuai dengan SDG’s No. 4 yakni memastikan pendidikan yang inklusif dan merata.  “Mobil pintar hadir di Nias Selatan untuk meningkatkan minat baca anak-anak sehingga semakin terbuka dengan dunia luar dan teredukasi dengan baik,” kata Kun Wahyu Wardana, melalui keterangan tertulisnya belum lama ini.

Kun menambahkan, tentunya dengan memiliki generasi penerus yang unggul dan melek literasi, diharapkan dapat memajukan Nias Selatan sebagai salah satu wisata bahari di Indonesia serta menambah pendapatan daerah,” ujar dia.  Sebagai perpustakaan berjalan, Mobil Pintar dilengkapi dengan sarana multi media, buku bacaan dan alat peraga pendidikan. Tujuannya untuk membangun budaya literasi sejak usia dini, dan memberikan akses membaca buku berkualitas untuk anak anak di pelosok negeri.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Deputi TJSL Kementerian BUMN, Agus Suharyono mengatakan, kegiatan ini dapat meningkatkan manfaat yang besar untuk proses belajar anak, khususnya pendidikan PAUD.  Sementara itu, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha mengatakan, Mobil Pintar hadir secara solutif bagi seluruh masyarakat Nias Selatan agar anak usia dini gemar membaca serta mempersiapkan agar kelak para generasi penerus bangsa ini berguna bagi nusa dan bangsa.  “Pemberian ini akan dimanfaatkan dengan baik dan benar, sebagai cita cita bangsa terhadap generasi penerus,” ujar Hilarius.  Menurutnya mobil pintar ini akan digunakan oleh anak-anak di Nias Selatan untuk mendapatkan pelajaran-pelajaran yang baik, pemahaman dan pengetahuan yang baik dan berakhlak. “Semua stakeholder bisa bergotong royong memajukan pendidikan di Indonesia,” kata dia.

Artikel Asli: https://www.inews.id/travel/destinasi/wujudkan-sdm-unggul-untuk-bangkitkan-wisata-nias-lewat-pustaka-berjalan

logo