WSBK Mandalika 2021, Ajang Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi di Tengah Pandemi

Ekonomi Kreatif Penggerak Ekonomi Nasional
November 19, 2021
Fesyen Muslim Indonesia Punya Potensi Besar Bersaing di Pasar Global
November 19, 2021

Pikiran-rakyat.com/Amir Faisol/Diterbitkan 19 November 2021 pukul 16.45 WIB

PIKIRAN RAKYAT – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) mendorong penguatan ekonomi dan pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal ini bertepatan dengan digelarnya ajang balap World Superbike (WSBK) di Mandalika International Street Circuit.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Usman Kansong meyakini, Mandalika International Street Circuit menjadi magnet luar biasa bagi Indonesia.

Terlebih, Mandalika masuk dalam lima Destinasi Super Prioritas (DSP) yang menjadi salah satu program pemerintah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah menetapkan Mandalika sebagai tuan rumah dalam berbagai penyelenggaraan ajang internasional, di antaranya World SuperBike (WSBK) 2021, MotoGP 2022, dan L’Etape Indonesia by Tour de France (2022).

“Destinasi pariwisata Mandalika yang telah ditetapkan menjadi program strategis nasional dapat menumbuhkan ekonomi kreatif warga lokal,” katanya, Jumat 19 November 2021.

Ia berharap, program tersebut dapat membantu pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sebab ekonomi kreatif dapat menjadi lokomotif dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

“Terutama untuk sektor yang banyak menyerap dan menggerakkan ekonomi,” katanya.

Hari ini sesi latihan World Superbike resmi digelar di Mandalika International Street Circuit.

Melansir Antara, Toprak Razgatlioglu tampil dominan dalam dua sesi latihan bebas hari ini.

Pada sesi latihan bebas sesi pertama (FP1) dia berhasil menorehkan catatan 1:34,985 mengalahkan Alex Lowes dari tim Kawasaki Racing Team dengan margin cukup lebar 1,544 detik.

Razgatlioglu bahkan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat ketika mengincar gelar juara dunia pertamanya di WSBK sekaligus mematahkan dominasi Rea.

Sementara rival utamanya, Jonathan Rea hanya mampu finis P11 di sesi pagi setelah catatan waktunya terpaut 2,401 dari sang pebalap Turki karena mengalami masalah teknis.

Razgatlioglu telah memenangi 13 balapan dan dua Superpole. Sedangkan Rea, musim ini mengantongi 11 kemenangan dan delapan Superpole.

Race 1 pada Sabtu sore akan menjadi kesempatan pertama Razgatlioglu mengunci gelar juara dunia apabila mampu memperlebar jaraknya dari Rea, minimal 37 poin.***

Artikel Asli: https://www.pikiran-rakyat.com/otomotif/pr-013051094/wsbk-mandalika-2021-ajang-pemulihan-pariwisata-dan-ekonomi-di-tengah-pandemi

logo