Workshop Kota Kreatif, Menparekraf Dukung Pemkot Jaksel Konversi Ruang Publik Jadi Etalase Ekraf Seni Rupa

Pengembangan desa wisata Liang Ndara di Manggarai Barat dioptimalkan
May 12, 2022
Deretan Artis K-Pop akan Mendatangi Indonesia, Sandiaga Uno: Pariwisata Indonesia Mulai Membaik
May 13, 2022

Inews.id/ Riezky Maulana /13 Mei 2022 , 11:01 WIB

JAKARTA, iNews.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendukung Pemerintah Kota Jakarta Selatan untuk mengonversi ruang publik atau ruang terbuka sebagai etalase bagi para pelaku ekonomi kreatif, khususnya subsektor seni rupa di DKI Jakarta.

Menparekraf Sandiaga Uno saat Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia tahun 2022 yang dihadiri 35 peserta di Salihara Art Center, Jakarta Selatan, Kamis (12/5/2022) menjelaskan, pihaknya mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan seluruh stakeholder parekraf untuk mendukung upaya membangkitkan ekonomi kreatif, dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya salah satunya dengan konversi lahan terbuka milik pemerintah daerah sebagai ruang kreatif.

“Kami mengapresiasi kolaborasi untuk memberikan satu konsistensi dan komitmen program pemerintah pusat dalam memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif di Jakarta Selatan khususnya di subsektor seni rupa untuk menyediakan ruang publik yang dikonversi sebagai etalase sebagai wadah pemasaran produk mereka. Sehingga ini menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi dan masuk ke dalam tatanan ekonomi baru,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga Uno juga secara kongkrit mendukung upaya kebangkitan ekonomi pelaku ekraf dengan mengikutsertakan dalam program pemerintah seperti Baparekraf Digital Innovation Lab (Bedil).   “Salah satunya produk @cutemonster_id  yang sudah naik kelas dan kita promosikan di sosial media kami dan akan diikutsertakan dalam program Bedil. Harapannya pelaku-pelaku ekraf seperti Cute Monster dan lainnya bisa meningkatkan omzetnya, membuka lapangan kerja, memperluas peluang usaha,” katanya.

Kota Jakarta Selatan sendiri terpilih lantaran sudah menjadi bagian dari ekosistem Kab/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia dengan subsektor seni rupa sebagai ungulannya, memiliki ragam komunitas seni dengan seni rupa yang khas, seperti Komunitas Salihara, Komunitas Seni Bulungan, Gudang Sarinah, Forum Lenteng, Ruang Rupa, dan beragam komunitas seni lainnya. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf. Dengan bekal kreativitas dan inovasi, pelaku ekraf dapat memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

“Melalui penyelenggaraan workshop ini, diharapkan juga dapat mengakselerasi pengembangan ekonomi kreatif di Kota Jakarta Selatan. Kemenparekraf/Baparekraf juga terus mendorong penguatan ekosistem ekonomi kreatif secara lebih komprehensif di Kota Jakarta Selatan,” ujar Sandiaga.

Sementara itu, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murtadho mengatakan, Pemerintah Kota Jakarta Selatan mengedepankan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai bagian dari program yang dapat diandalkan di pemerintah kota.

“Sebagai bukti kongkrit, dalam beberapa waktu, kami akan mengonversikan juga gedung kantor sebagai ruang terbuka untuk publik. Sehingga masyarakat betul-betul bisa memanfaatkan dan menjadikannya sebagai etalase bagi para pelaku ekraf,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Menparerkaf Sandiaga hadir didampingi Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto.

Editor : Faieq Hidayat

Artikel asli : https://www.inews.id/news/nasional/workshop-kota-kreatif-menparekraf-dukung-pemkot-jaksel-konversi-ruang-publik-jadi-etalase-ekraf-seni-rupa/all

logo