Wishnutama ke Pengelola Pariwisata: Bangun Kepercayaan Aman dan Nyaman

29 taman nasional-taman wisata alam dibuka bertahap, sebut Menteri LHK
June 22, 2020
Siaran Pers : Kemenparekraf Serahkan 10.000 Masker Kain kepada Petugas Lapangan di Kota Tangerang
June 22, 2020

Kumparan.com / Konten Redaksi kumparan / 22 Juni 2020,  18:05 WIB

Fase new normal membuat pemerintah kembali membuka sejumlah sektor, salah satunya pariwisata. Konservasi sektor pariwisata berbasis alam akan kembali dibuka secara bertahap.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio, mengimbau para pengelola pariwisata menjalankan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

Menurutnya, pariwisata merupakan sektor yang sangat bergantung pada kepercayaan masyarakat. Jika protokol tidak dijalankan hati-hati, tempat wisata bisa berpotensi menjadi lokasi penyebaran virus corona.

“Pariwisata adalah sektor yang bergantung pada kepercayaan wisatawan internasional dan domestik dalam memberikan kondisi aman, sehat, nyaman. Kita harus membangun kepercayaan ini agar pariwisata bangkit kembali, jangan sampai pada pelaksanaannya nanti malah terjadi peningkatan kasus baru,” ungkap Wishnutama di Graha BNPB, Senin (22/6).

Wishnutama mengatakan, menjalankan protokol secara ketat jauh lebih mudah daripada mengembalikan kepercayaan masyarakat. Hal itu harus menjadi perhatian bagi para pengelola tempat wisata.

Jika abai, kata dia, dampak ekonomi di sektor pariwisata akan menjadi lebih buruk lagi.

“Perbaiki protokol bisa sehari-dua hari, tapi mengembalikan rasa percaya itu butuh waktu yang cukup lama,” tekannya.

Ia memastikan pihaknya menyiapkan pembukaan kembali pariwisata yang memilki tingkat risiko penyebaran corona rendah. Wisata alam menjadi salah satu opsi.

“Banyak para pelaku sektor ini menanti kebijakan ini, selama 3 bulan terakhir mereka sangat terdampak COVID-19,” ucapnya.

“Diharapkan protokol ini dapat jadi acuan bagi seluruh pihak dalam pembukaan pariwisata, termasuk wisata alam,” imbuhnya.

Artikel Asli : https://kumparan.com/kumparannews/wishnutama-ke-pengelola-pariwisata-bangun-kepercayaan-aman-dan-nyaman-1tf6Um9aVRn/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami