Wisatawan ke Kepulauan Karimunjawa Harus Tes Swab Antigen

Libur Lebaran, 4 Kabupaten di Jateng Tutup Obyek Wisata
May 10, 2021
Telkom-Sabre Kerja Sama Pemasaran Platform Digital Pariwisata
May 10, 2021

Medcom.id /Rhobi Shani / 10 Mei 2021, 15:21 WIB

Jepara: Aktivitas pariwisata di kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah, tidak ditutup pada musim libur lebaran tahun ini. Namun, wisatawan diwajibkan mengikuti tes usap di pelabuhan Kartini, Jepara, sebelum menyebrang ke Karimunjawa.

Jepara: Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tidak menutup aktivitas pariwsata di Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah. Para wisatawan wajib mengikuti tes usap di saat berkunjung ke kawasan tersebut.

Tes usap dilakukan di Pelabuhan Kartini, Jepara, sebelum menyeberang ke Karimunjawa. Tes ini bertujuan untuk mempertahankan zona hijau Karimunjawa.

Kepala Pelabuhan Kartini, Suroto, mengatakan tes usap antigen diberlakukan bagi wisatawan dari luar Jepara. Tes usap antigen disiapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara.

“Tidak hanya wisatawan asing, wisatawan lokal dari luar Jepara juga dites antigen. Baik wisatawan yang nyebrang dengan kapal cepat maupun kapal motor,” ujar Suroto, Senin, 10 Mei 2021.

Camat Karimunjawa, Nor Soleh, mengatakan sejauh ini pemudik yang pulang ke Karimunjawa tidak banyak. Jumlahnya hanya beberapa orang dan berasal dari Bandung atau Jakarta. Hasil tes antigen mereka juga negatif.

“Pemudik tidak seberapa banyak. Istilahnya orang belanja balik pulang lagi,” kata Soleh.

Sementara itu, untuk kapal yang tidak berasal dari Pelabuhan Kartini, akan dilakukan tes usap pada penumpang begitu mendarat di Pulau Karimunjawa. Mereka akan diminta tes usap di puskesmas setempat.

“Selama ini belum ada yang ditemukan positif,” tutur Soleh.

Soleh mengungkapkan, belum terjadi lonjakan wisatawan selama momen Lebaran 2021. Jumlah wisatawan yang tiba di Karimunjawa tidak lebih dari 200 orang.

Artikel Asli : https://www.medcom.id/nasional/daerah/akWLdO4K-wisatawan-ke-kepulauan-karimunjawa-harus-tes-swab-antigen

logo