Wisata Rohani Gunung Kawi Diharap Jadi Penopang Pariwisata Malang

Ini Tips untuk Wisatawan yang Berkunjung ke Destinasi Wisata Sakral
August 9, 2022
Evaluasi ADWI 2021: Tingkatkan Kunjungan ke Desa Wisata Sebesar 30 Persen
August 9, 2022

Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq / 09 Agustus 2022, 15:28  WIB

Malang: Bupati Malang, M Sanusi, ingin wisata rohani di Gunung Kawi menjadi salah satu penopang program pengembangan pariwisata di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sanusi mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang tidak dapat bergerak sendiri untuk dapat merealisasikan cita-cita tersebut.

“Kawasan Gunung Kawi selama ini telah dikenal sebagai destinasi wisata rohani yang dikenal bukan hanya pada skala regional, melainkan juga pada tingkat nasional dan internasional. Akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Kecamatan Wonosari maupun Kabupaten Malang jika potensi ini dapat kita maksimalkan bersama,” kata Sanusi di area Pesarean Gunung Kawi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Senin malam, 8 Agustus 2022.

Sanusi menjelaskan membutuhkan peran serta dari masyarakat serta kelompok-kelompok dan pemerhati warisan budaya untuk memuluskan rencana tersebut.

Di sisi lain Sanusi mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam persiapan pagelaran wayang kulit dalam rangka Khoul Eyang Raden Mas Imam Soedjono. Ia berharap kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi antar pimpinan dan jajaran pengurus Yayasan Ngesti Gondo Pesarean Gunung Kawi.

“Kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk meningkatkan kembali semangat kebangkitan wisata rohani di kawasan sekitar Gunung Kawi,” jelas Sanusi.

Sanusi menerangkan memperingati hari kematian dari para pendahulu merupakan salah satu sarana bagi umat manusia untuk mengingat akan datangnya kematian. Sebab pada dasarnya, semua insan manusia yang hidup di dunia ini kelak akan melewati fase tersebut.

Refleksi akan kematian, sejatinya menjadi pengingat bagi manusia yang masih ada di muka bumi, agar senantiasa melakukan amal kebaikan sebagai bekal di akherat nanti. Sebab seperti kata pepatah, apa yang kita tebar, maka itu pula kelak yang akan kita tuai.

Sosok Eyang Raden Mas Iman Soedjono sendiri merupakan sosok yang membawa perubahan besar di wilayah sekitar Kecamatan Wonosari dan utamanya Gunung Kawi. Sebagai pewaris ilmu, adat istiadat dan budaya sudah sepatutnya untuk meneladani sikap-sikap patriotik beliau dalam menjalankan dakwah di kaki Gunung Kawi.

Hal tersebut tentunya juga harus diimbangi dengan transformasi pemikiran yang konservatif di era ini. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan bersama dewasa ini, yakni membangkitkan kembali sektor pariwisata yang selama lebih dari dua tahun belakangan ini nyaris tergempur habis akibat pandemi covid-19.

Artikel asli : https://www.medcom.id/nasional/daerah/JKRP4Bxb-wisata-rohani-gunung-kawi-diharap-jadi-penopang-pariwisata-malang

logo