Wisata Puncak Igir Kandang Tawarkan Pemandangan 360 Derajat

Siaran Pers : Donasi Terkumpul dari Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia Disalurkan ke Pelaku Pariwisata dan Pelaku Parekraf
June 25, 2020
Ini 29 Destinasi Wisata Alam yang Telah Dibuka secara Terbatas
June 25, 2020

Suaramerdeka.com / Ali Basarah / 25 Juni 2020, 11:29 WIB

 

PEMALANG, suaramerdeka.com – Terobosan baru di bidang pariwisata dilakukan Kepala Desa Clekatakan, Kecamatan Pulosari, Sutrisno. Kades mengeksplorasi potensi alamnya berupa sebuah bukit yang lahannya adalah bengkok milik desa. Di lahan seluas delapan hektar itu dijadikan lokasi wisata alam dengan nama Puncak Igir Kandang.”Igir Kandang menawarkan pemandangan alam dengan view 360 derajat,”kata Sutrisno.

Igir Kandang berada di ketinggian 3.500 meter di atas permukaan air laut. Baru dikelola secara resmi sekitar dua minggu yang lalu. Namun demikian wisata bukit ini sudah dikunjungi ribuan wisatawan dari Pemalang dan sekitarnya.

Wisatawan yang berkunjug bisa membawa kendaraannya sampai ke bukit baik kendaraan roda dua maupun roda empat asal kendaraannya sehat. Akses masuk ke bukit masih berupa jalan tanah lantaran masih dalam tahap pembangunan.

Selanjutnya saat di puncuk Igir Kandang wisatawan bisa mendirikan tenda apabila ingin berlama-lama di sana menikmati pemandangan. Pengelola juga mengizinkan untuk meninap, bahkan menyewakan tenda untuk wisatawan. Pada malam Minggu kemarin terdapat 90 tenda yang dirikan oleh wisatawan.

Dari atas puncak Igir Kandang wisatawan bisa melihat pemandangan Gunung Slamet yang hanya berjarak empat kilometer di sisi barat, di sisi timur ada pemandangan Bukit Mendelem yang jaraknya hanya lima kilometer. Kemudian di sebelah selatan ada Taman Bunga Kutabawa Purbaingga yang berjarak sekitar 2,5 kilometer. Sementara itu suhu udara di Igir Kandang tentu sangat dingin lantaran berada pada ketinggian ribuan meter. Baik siang apalagi malam disarankan mengenakan baju tebal.

Bupati Pemalang Junaedi saat berkunjung ke Igir Kandang menyarankan agar wisatawan mematuhi protokol kesehatan meskipun sedang berwisata. Saat menjumpai wisatawan tidak mengenakan masker, Bupati menegurnya kemudian memberinya masker gratis. “Igir Kandang Clekatakan Pulosari menawarkan pemandangan yang alami dengan view 360 derajat,silakan berkunjung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,”kata Bupati di sela-sela pengambilan gambar video wisata Igir Kandang.

Sementara itu untuk menjangkau lokasi wisata ini dapat dilakukan dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil pribadi sebab belum ada kendaraan umum yang menjangkau ke sana. Lokasi ini berjarak 50 kilometer atau 1,5 jam perjalanan dari alun-alun Pemalang ke selatan.

 

Artikel Asli : https://www.suaramerdeka.com/gayahidup/travel/232517-wisata-puncak-igir-kandang-tawarkan-pemandangan-360-derajat

logo