Wisata di Jogja Boleh Buka 100 Persen

Pasca Pandemi, Kunjungan Wisman ke Batam Naik Drastis
June 7, 2022
Perjalanan Internasional Meningkat di Tanjungpinang Pasca-pandemi
June 8, 2022

Kumparan.com /Tugu Jogja/ 8 Juni 2022, 13:52 WIB

Kegiatan masyarakat terutama pariwisata diizinkan beroperasi 100 persen. Hal ini menyusul dengan adanya keputusan Pemerintah Pusat menurunkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Yogyakarta dari Level 2 menjadi Level 1.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo menuturkan kegiatan dari sport tourism hingga event musik bisa digelar dengan kapasitas 100 persen. Meski begitu, pihaknya tetap mewanti-wanti masyarakat mentaati ketentuan yang ada.

“Pemerintah Pusat sudah memutuskan untuk memberlakukan PPKM Level 1 di DIY. Dengan kebijakan tersebut, aktivitas pariwisata sudah bisa dilakukan 100 persen. Mulai dari sport tourism hingga event musik sudah bisa digelar dengan kapasitas 100 persen. Kendati demikian saya minta masyarakat tetap selalu mentaati ketentuan yang ada,” kata Singgih Raharjo di Kepatihan, Selasa (7/6/2022).

Selain tempat pariwisata dan event terkait wisata, Singgih menuturkan bahwa sektor pendukung destinasi wisata seperti hotel dan restoran juga sudah boleh 100 persen. Nantinya event dan kegiatan tidak perlu lagi menggunakan rekomendasi dari Satgas COVID-19.

“Perizinan kegiatan cukup dengan izin keramaian dari kepolisian. Bahkan kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian terkait kemungkinan diberikan kemudahan untuk izin event sesuai prosedur yang berlaku,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda DIY K Baskara Aji mengingatkan meski kegiatan-kegiatan menjadi semakin longgar, masyarakat tidak boleh mengabaikan prokes. Ia ingin masyarakat tetap waspada sampai pandemi belum dinyatakan berakhir.

“Memang dengan adanya PPKM Level 1 aktivitas dan kegiatan masyarakat semakin dilonggarkan. Meski begitu kita tidak boleh menghilangkan kewaspadaan, jadi tetap menegakkan prokes dalam setiap aktivitas,” kata Aji.

Sebelumnya, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta resmi menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 di Kabupaten Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, Sleman san Kota Yogyakarta. Pemberlakuan ini dimulai sejak Selasa. Pemberlakuan PPKM tersebut tertuang dalam instruksi Gubernur DIY Nomor 16/INSTR/2022, tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 1 yang diteken Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Selasa.

“Instruksi ini berlaku mulai 7 Juni 2022 sampai dengan 4 Juli 2022,” kata Sultan dalam Ingub tersebut.

Artikel asli : https://kumparan.com/tugujogja/wisata-di-jogja-boleh-buka-100-persen-1yEPATSgQM7/full

logo