Kemenparekraf: Kreativitas dorong geliat seni hiburan dan pariwisata
November 25, 2020
Anugerah BBI 2020
November 25, 2020

Medcom.Id/ A. Firdaus /25 November 2020, 13:45 WIB

Jakarta: Pandemi covid-19 membuat pergeseran tren dalam berwisata para traveler di Indonesia. Diprediksi, wisata alam akan menjadi favorit pada 2021 mendatang.

Prediksi itu diamini oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Bahkan, masyarakat Indonesia bakal memilih tujuan domestik alias di Indonesia Aja untuk berwisata.

“Pada 2021 masyarakat masih akan cenderung memilih destinasi wisata domestik dibandingkan wisata luar negeri. Tak hanya itu, masyarakat pun akan cenderung memilih wisata alam untuk tujuan destinasi wisatanya,” ujar Direktur Kajian Strategis Kemenparekraf, Wawan Rusiawan, dalam webinar bertajuk: Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2021.

“Tren wisata di masa covid-19 yang dapat dikatakan masih berlangsung pada 2021, yang pertama adalah masyarakat masih memilih tujuan wisata domestik. Kemudian juga kita lihat wisata alam menjadi populer,” sambung Wawan Rusiawan.

Menyikapi tren tersebut, Kemenparekraf akan memberikan fokus dominan untuk membenahi destinasi wisata domestik khususnya wisata alam. Ini yang akan menjadi primadona pada 2021 hingga pascapandemi covid-19.

“Kemenparekraf tentu harus memberikan fokus yang lebih dominan yang bisa membenahi destinasi-destinasi wisata alam, yang akan menjadi primadona pascapandemi covid-19. Kita ke depan harus mencari cara-cara baru bagaimana pariwisata di Indonesia bisa lebih menarik dan berkembang,” jelas Wawan.

Selain itu, pada masa pandemi ini, prioritas wisatawan pun bergeser ke prioritas protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability). Sehingga nantinya menjadi faktor penting dalam proses pengambilan keputusan memilih destinasi yang bakal dikunjungi wisatawan.

“Protokol kesehatan berbasis CHSE ini menjadi sebuah hal yang penting bagi pemerintah maupun masyarakat. Dan, wisatawan akan  selektif bagaimana memilih destinasi yang aman untuk mereka kunjungi,” tegas Wawan.

(FIR)

Artikel Asli : https://www.medcom.id/gaya/wisata/ybJW6l6k-wisata-alam-bakal-populer-pada-2021

logo
Hubungi Kami