Wika Realty Jadi Induk Holding BUMN Perhotelan

Siaran Pers : Menparekraf Dukung Pemprov Bali Tentukan Arah Kebijakan Pariwisata
December 29, 2020
Libur Akhir Tahun, Gunung Bromo Tetap Buka tapi Batasi Pengunjung 30 Persen
December 30, 2020

Cnnindonesia.com/Diterbitkan 29 Desember 2020, pukul 17.44 WIB

PT WIKA Realty menjadi induk holding BUMN perhotelan. Itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian komitmen jual beli saham yang menjadi tindak lanjut dari Nota Kesepahaman Bersama Rencana Konsolidasi Bisnis Hotel BUMN yang ditandatangani pada September 2020 lalu.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Wika Realty Koko Cahyo Kuncoro, PLT Direktur Utama Patra Jasa, Teddy Kurniawan Gusti, Direktur Utama Hotel Indonesia Natour, Iswandi Said, Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto, dan Direktur Utama Aero Wisata, Beni Guwanan.

Pada pembentukan tahap pertama, sebanyak 22 hotel BUMN tergabung di dalam holding tersebut.

Ke-22 hotel tersebut merupakan anak usaha dari empat BUMN, yakni PT WIKA Realty, anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Aero Wisata, PT Hotel Indonesia Natour (Persero), dan anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Patra Jasa.

Mereka adalah 11 hotel milik Hotel Indonesia Natour, 1 Hotel milik Aero Wisata, 1 hotel milik PT Patra Jasa, dan 9 hotel milik PT Pegadaian Hotel Indonesia Natour.

“Konsolidasi bisnis hotel ini sejalan dengan langkah menjadikan BUMN sebagai institusi bisnis yang kompetitif sekaligus mengatur lini bisnis hotel BUMN sehingga BUMN Induk yang sebelumnya membawahi anak-anak usaha hotel dapat dapat menjalankan bisnis sesuai bisnis inti yang dimiliki, “ujar Wakil Menteri II BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, dikutip dari rilis pada Selasa (29/12).

Ia menambahkan pembentukan holding BUMN perhotelan dilakukan sesuai dengan rencana efisiensi, perampingan perusahaan pelat merah sebagai institusi bisnis dan global player, menjalankan dan mendukung program pemerintah di bidang pariwisata, serta meningkatkan daya saing dan penciptaan nilai dari konsolidasi bisnis hotel BUMN.

Artikel Asli: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201229172010-92-587532/wika-realty-jadi-induk-holding-bumn-perhotelan

logo