Warga Papua diajak jadi Creativepreneur Torang Bisa

Tren Digital di Sektor Pariwisata Bangkitkan Peluang Baru bagi Pelaku Wisata
August 24, 2022
Wapres Minta Pengusaha Manfaatkan Transformasi Digital
August 24, 2022

Antaranews.com/ Abdu Faisal / 24 Agustus 2022, 15:20 WIB

 

“kami harus mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berdaya di atas kaki sendiri”

 

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak warga Papua menjadi wirausahawan kreatif atau Creativepreneur sesuai kemampuan diri sendiri atau Torang Bisa.

“Ayo semua jadi wirausahawan kreatif (creativepreneur) yang Torang Bisa!” kata Sandiaga yang hadir dalam puncak acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indobesia (Gernas BBI) bertemakan Binar Digital Papua di Jayapura, Papua secara daring dari Jakarta, Rabu.

Papua menjadi tuan rumah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) oleh pemerintah.

Sandiaga mengatakan pertumbuhan kontribusi UMKM dalam ekonomi digital di Indonesia bisa dipacu Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia untuk memenuhi target perekonomian nasional meningkat 1,7 persen dan membuka dua juta lapangan pekerjaan baru.

Sandiaga mengucapkan  terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kabupaten Jayapura, Bank Indonesia, dan Telkom yang berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam menyukseskan acara strategis sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo.

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi bahwa kami harus mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berdaya di atas kaki sendiri,” kata Sandiaga.

Dengan kerja sama segenap jajaran pemerintah tingkat pusat maupun daerah di Provinsi Papua, Sandi berharap target 30 juta UMKM masuk ekosistem digital di Indonesia dapat berkontribusi memacu pertumbuhan ekonomi sebesar 1,7 persen, dan terbuka dua juta lapangan kerja baru.

Sandiaga mengatakan Gernas BBI menjadi momentum bagi semua warga negara Indonesia untuk berpihak kepada usaha kreatif anak-anak bangsa yang ingin membangun perekonomian nasional.

Untuk masyarakat Papua, Sandiaga mengingatkan, jangan lupa mendatangi stan-stan UMKM yang dibuka dari 24-27 Agustus di Gelanggang Olah Raga (GOR) Cenderawasih Jayapura dan membeli produk-produk kearifan lokal Indonesia di sana.

Bagi yang tidak bisa mendatangi secara langsung seperti dirinya, kata Sandiaga, panitia juga menyediakan pameran eksibisi UMKM secara daring yang disediakan Telkom dengan mengakses https://ve.virtualexpobbi.id/.

“Eee, jangan lupa kakak beli produk-produk ekonomi kreatif yang ada dari tanah Papua, ada (tas) noken, olahan sagu, ikan asar, kopi, banyak sekali. Dan kalau bicara kuliner Papua, luar biasa, ada papeda dan tentunya ikan kuah kuning,” kata Sandiaga.

Editor: Edy Sujatmiko

Artikel asli : https://www.antaranews.com/berita/3076817/warga-papua-diajak-jadi-creativepreneur-torang-bisa

logo