Wali Kota Blitar Cangkruk Bareng Sandiaga Uno Bangkitkan Pariwisata Blitar

Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (09 Agustus 2021)
August 9, 2021
Kemenparekraf Fasilitasi Pelaku Ekraf Kembangkan Usaha
August 9, 2021

Kumparan.com / Konten ini diproduksi oleh OK OCE/9 Agustus 2021, 11:33 WIB

Blitar-Pemerintah Kota Blitar terus berupaya untuk memajukan sektor pariwisata di wilayahnya. Namun dengan adanya situasi pandemi Covid-19 saat ini membuat pemerintah mencari cara untuk bisa membangkitkan sektor pariwisata.

Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan, Kota Blitar merupakan magnet bagi jutaan wisatawan. Karena di Kota Blitar terdapat makam Bung Karno yang menjadi tujuan para wisatawan. “Wisata Bung Karno juga menjadi sumber perekonomian warga. Banyakb orang yang menggantungkan hidup dari tempat wisata Bung Karno ini,” ucap Santoso dalam rilis, Jumat, 6 Agustus 2021.

Sektor pariwisata ini diulas Santoso saat cangkruk bareng dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. “Saya ingin pariwisata Kota Blitar bangkit. Banyak potensi yang bisa didorong””, kata Santoso.Pariwisata merupakan salah satu prioritas pembangunan tahun 2022 mendatang.

“Kita ingin mewujudkan pemulihan ekonomi melalui perdagangan dan jasa, pariwisata, serta ekonomi kreatif berbasis digital,” urai Santoso. Santoso optimis pariwisata Kota Blitar dapat segera bangkit.

Selain Makam Bung Karno, potensi-potensi pariwisata lain yang ada di Bumi Bung Karno juga tidak kalah menarik untuk terus dikembangkan.Diantaranya, agrowisata belimbing Karangsari, Istana Gebang, Kampung Bathok dan masih banyak lagi.

Menanggapi pemaparan potensi pariwisata di Kota Blitar, Menparekraf, Sandiaga Uno menyampaikan bahwa Kemenparekraf akan berkolaborasi dengan Kota Blitar untuk mengembangkan potensi yang ada.

Kemenparekraf menilai pengembangan kampung kreatif, seperti kampung cyber merupakan salah satu strategi implementasi yang tepat sebagai percepatan pembangunan ekonomi di Kota Blitar.

Kemenparekraf siap mendukung dan mendorong melalui program Pengembangan Kabupaten /Kota Kreatif. Melakukan asistensi untuk menentukan subsektor unggulan dari Kota Blitar untuk kemudian dikembangkan bersama.

Tidak hanya itu, Kemenparekraf juga siap berkolaborasi dengan Kota Blitar, meningkatkan Sumber Daya Manusia sesuai dengan standart kompetensi di bidang ekonomi kreatif.

Kemenparekraf juga akan mendorong para pengusaha di Kota Blitar agar dapat bertranformasi ke arah digital melalui beberapa program unggulan seperti Apresiasi Kreasi Indonesia, Bangga Buatan Indonesia dan Beli Kreatif Lokal.

Pada program ini pelaku ekraf akan diarahkan untuk mengoptimalkan kenaikan omzet melalui pengembangan di berbagai platform dan e-commerce. Selain bimbingan, fasilitas lain seperti pendirian badan hukum ekonomi kreatif, pengurusan sertifikat HAKI, penyediaan dan pelatihan aplikasi pembukuan berbayar, hingga pengurusan sertifikat cuti bayar pajak juga akan diberikan.

“Harapannya kedepan para wirausaha ini dapat bertransformasi ke arah digitalisasi. Karena pandemi ini memaksa kita untuk bekerja  lebih inovatif, adaptif, dan kolaboratif. Program-program unggulan kita seperti Apresiasi Kreasi Indonesia juga diharapkan dapat menyentuh Kota Blitar,” kata Menparekraf, Sandiaga Uno

Menutup acara Cangkrukan Blitar Keren, baik Menparekraf dan Wali Kota Blitar memberikan motivasi pada perwakilan komunitas kampung wisata, perwakilan PHRI, UMKM dan generasi milenial agar kembali bangkit dan produktif meski ditengah pandemi.

Sumber asli : https://kumparan.com/okoceindonesia/wali-kota-blitar-cangkruk-bareng-sandiaga-uno-bangkitkan-pariwisata-blitar-1wIT8hWnwRf/full

Attachments

logo