Viral Video Pria Wisata Kuliner di Kereta, Warganet Penasaran Harganya

Siaran Pers: Kemenparekraf-Kementerian Investasi Sepakat Dorong Investasi Pulihkan Sektor Parekraf
August 23, 2021
Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (24 Agustus 2021)
August 24, 2021

Liputan6.com/Hnery/Diterbitkan 24 Agustus 2021 pukul 09.02 WIB

Liputan6.com, Jakarta – Kereta termasuk moda transportasi yang kerap dipilih untuk melakukan perjalanan. Kelebihan utama naik kereta adalah kita bisa terhindar dari kemacetan. Di kereta pun ada beragam fasilitas yang ditawarkan.

Salah satu hal yang bisa dinikmati penumpang adalah makanan yang dijual di gerbong restorasi. Seorang pria berbagi pengalaman menikmati beragam makanan saat sedang liburan menggunakan kereta. Bisa dibilang, ia berwisata kuliner selama di kereta karena menyantap berbagai makanan dari beberapa daerah di Indonesia.

Pengalaman tersebut ia bagikan melalui akun TikTok @wiranurmansyah. Saat itu, pria berkacamata ini naik kereta Argo Bromo Anggrek dari Surabaya dengan tujuan ke Jakarta.

Sebelumnya, ia telah memesan makanan secara daring lewat aplikasi KAI Access. Ia memesan nasi goreng Parahyangan yang dikenal luas karena rasanya yang nikmat dan aromanya yang harum menggoda. Pria bernama Wira ini juga memesan teh jahe geprek hangat dan selanjutnya membayar secara non-tunai.

Sesampainya di Bojonegoro, tepat sekali waktu makan siang. Ia kemudian memesan mi godok atau mi rebus. Di kereta itu ternyata ada koki yang langsung memasak empat menu terpilih secara langsung. Karena masih merasa lapar, Wira kemudian memesan selat Solo.

Pemesanan Makanan

Ia menjelaskan bahwa penumpang bisa memesan makanan khas daerah melalui aplikasi KAI Access. Pemesanan makanan khas daerah bisa dilakukan maksimal tiga jam sebelum sampai stasiun lokasi kuliner yang dipesan.

Saat kereta tiba di Semarang, Wira memesan lumpia Semarang sebagai camilan. Di Cirebon, ia memesan empal gentong untuk dinikmati di sore hari. “Berasa traveling ke tiap kota tapi dalam kereta,” tulisnya dalam video yang diunggah pada 21 Agustus 2021.

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini. Ada juga yang penasaran berapa harga makanan yang harus dibayar oleh Wira. “Mi godoknya emang enak banget. Jadi favorit,” komentar seorang warganet.

Aku ramal lebih mahal makan di dalem keretanya ini ketimbang harga tiketnya,” tulis warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, video makan besar di kereta itu sudah ditonton lebih dari 1,3 juta kali dan disukai lebih dari 114 ribu kali.

Harga Makanan

Berdasarkan keterangan akun Instagram resmi Layanan Pelanggan PT KAI pada 16 Agustus 2021, menyambut semarak HUT ke-76 RI, penumpang kereta api dapat memesan lebih awal makanan dan minuman tradisional secara online. Pemesanan maksimal 23 jam sebelum keberangkatan.

Menu tradisional dapat dipesan maksimal tiga jam sebelum kereta api tiba di stasiun yang menyediakan menu yang dipesan dari setiap stasiun yang dilewati dalam perjalanan. Dengan memiliki kode booking tiket kereta api, penumpang dapat pre-order online di semua kereta apu jarak jauh di Jawa dan Sumatera.

Akun Instagram resmi Restoran Kereta Api membagikan menu makan yang bisa dipesan, salah satunya nasi ayam bakar seharga Rp35 ribu yang tersedia di Stasiun Madiun. Ada pula nasi ayam kremes dan nasi ayam saus padang seharga Rp35 ribu yang tersedia di Stasiun Cirebon, Semarang, Purwokerto, dan Yogyakarta. Minuman tradisional juga tersedia, mulai dari wedang uwuh, wedang jahe, dan wedang sereh lemon jahe yang dijual seharga Rp15 ribu.

Artikel Asli: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4639290/viral-video-pria-wisata-kuliner-di-kereta-warganet-penasaran-harganya

logo