Usai Wabah Corona, Wishnutama Optimis Akan Ada Lonjakan di Sektor Pariwisata

Siaran Pers : Pelaku Kreatif Diajak Tetap Produktif Ikuti Asian Animation Summit 2020
April 19, 2020
Disparbud Jabar Siapkan Sejumlah Strategi untuk Sektor Pariwisata dan Seni Budaya
April 19, 2020

Pikiran-rakyat.com/Ahlaqul Karima Yawan/Diterbitkan 19 April 2020, 19.27 WIB

PIKIRAN RAKYAT –  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama meminta para pelaku usaha pariwisata untuk bisa optimis dan bersiap menghadapi proyeksi lonjakan pada sektor pariwisata usai masa wabah virus corona berakhir.

Pasalnya, hal ini mengingat beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo mengatakan akan adanya ledakan wisatawan di sejumlah destinasi di Indonesia setelah berakhirnya masa pandemi COVID-19.

Deputi Bidang Pariwisata dan Penyelenggaraan Kegiatan, Rizki Handayani Mustafa pun mengatakan pihaknya akan membuka kesempatan bagi para penyelenggara untuk berkolaborasi menggelar kegiatan besar yang mampu mendatangkan para wisatawan.

Sementara itu, Kemenparekraf juga memiliki program untuk meningkatkan penyelenggaraan kegiatan, peningkatan pendukungan kegiatan, dan peningkatan promosi penyelenggaraan kegiatan.

Sebagai upaya melakukan promosi, Kemenparekraf akan menjalin kerja sama dengan sejumlah industri pariwisata yang berkaitan dengan penyelenggaraan events atau industri marketing partnership.

Kemenparekraf juga akan melibatkan komunitas lokal dalam produksi story telling terkait events serta mendorong mereka untuk menyebarluaskan informasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sebagai contoh, Rizki mengatakan New Zealand Tourism melakukan industry marketing partnership dengan Visitor Point dalam mendistribusikan 3.500 brosur elektronik dengan konten yang berisi tentang operator pariwisata yang ada di seluruh penjuru New Zealand.

Brosur elektronik tersebut secara langsung terhubung dengan sistem online Visitor Point sehingga konsumen dapat memesan paket perjalanan yang dibutuhkannya.

“Hal itu juga kita bisa bantu untuk kerja sama dengan online travel fair. Jadi penyelenggara event nanti akan kita bantu dalam membiayai promosi untuk mengiklankan eventnya pada salah satu online travel fair atau marketplace,” tutur Rizki.

Ia mengungkapkan Kemenparekaf juga telah bekerja sama dengan Garuda Indonesa sebagai mitra penerbangan yang nantinya berfungsi sebagai penjualan bukan hanya branding.*** (Ahlaqul Karima Yawan/Pikiranrakyat-bekasi.com)

Artikel Asli: https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01368586/usai-wabah-corona-wishnutama-optimis-akan-ada-lonjakan-di-sektor-pariwisata

logo
Hubungi Kami