Traveler Catat! Ini Syarat Terbaru Naik Pesawat untuk Libur Nataru

Pemerintah Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Bangkit dari Pandemi
December 17, 2020
Ketua Umum PHRI minta Bali solid cari solusi tarik wisatawan domestik
December 18, 2020

Kumparan.com /Red / 18 Desember 2020, 7:54 WIB

Bagi traveler yang ingin naik pesawat saat Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ada persyaratan baru yang perlu kamu ketahui. Syarat tersebut berlaku dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona.

Untuk penerbangan domestik, setiap penumpang diperbolehkan melakukan perjalanan dengan membawa Surat Kesehatan yang berisi hasil tes bebas COVID-19 sesuai ketentuan yang berlaku.

Tapi tak hanya itu, ada beberapa syarat lain yang perlu kamu ketahui saat ingin melakukan perjalanan naik pesawat saat libur nataru. Dirangkum dari berbagi sumber, yuk simak ulasannya.

 

  1. Surat bebas COVID-19

Berdasarkan ketentuan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 9 Tahun 2020, ada ketentuan masa berlaku Surat Kesehatan berdasarkan jenisnya yaitu surat kesehatan dengan hasil test rapid antigen non-reaktif yang berlaku selama 14 hari sejak diterbitkan dari fasilitas kesehatan tempat memeriksa.

Dan Surat Kesehatan dengan hasil tes PCR/Swab negatif yang berlaku maksimal 14 hari sejak diterbitkan dari fasilitas kesehatan.

Khusus bagi traveler yang ingin berlibur ke Bali, Pemprov setempat memutuskan, pesawat penumpang ke Bali wajib melakukan uji swab PCR (Polymerase Chain Reaction) pada H-7 sebelum keberangkatan yang direvisi dari sebelumnya H-2.

Selain persyaratan di atas, ketika sampai di bandara tujuan, penumpang dimungkinkan untuk mendapatkan pemeriksaan tambahan dari otoritas setempat dengan mengisi form, atau surat pernyataan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penumpang pesawat juga diminta untuk menyiapkan salinan seluruh dokumen persyaratan beserta aslinya sebelum tiba di bandara keberangkatan untuk dilaporkan ke petugas saat tiba di check-in counter.

 

  1. Verifikasi dan validasi data

Beberapa bandara kini mewajibkan seluruh penumpangnya untuk melakukan verifikasi dan validasi Surat Kesehatan Bebas COVID-19 oleh Kantor Kesehatan atau otoritas setempat.

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), pengecekan data dilakukan di Kantor Kesehatan Pelabuhan Soekarno-Hatta yang berada di Gate 3 Terminal 3.

 

 

  1. Mengisi Kartu eHAC

Setiap penumpang yang datang dari luar negeri atau keluar kota diwajibkan untuk mengisi Kartu Kewaspadaan Kesehatan atau kartu eHAC dari Kementerian Kesehatan RI.

Kartu tersebut dapat diunduh melalui aplikasi electronic Health Alert Card melalui AppStore/PlayStore atau mengisinya di laman resmi Kementerian Kesehatan RI.

Pengisian dilakukan saat proses keberangkatan atau proses kedatangan sebelum melalui titik pemeriksaan KKP.

 

  1. Aplikasi Peduli Lindungi

Terakhir, setiap penumpang juga disarankan untuk mengunduh aplikasi Peduli Lindungi yang dibuat oleh pemerintah. Aplikasi ini bisa kamu unduh di AppStore/PlayStore.

Aplikasi ini berfungsi untuk mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP).

 

  1. Wajib Memakai Masker

Terakhir, setiap penumpang wajib menggunakan masker baik selama penerbangan maupun ketika penumpang berada di bandara.

Untuk perlindungan yang lebih, penumpang bisa menambah dengan mengenakan face shield dan baju lengan panjang, serta sering mencuci tangan, ya.

Artikel Asli : https://kumparan.com/kumparantravel/traveler-catat-ini-syarat-terbaru-naik-pesawat-untuk-libur-nataru-1unnjCIYKej/full

logo