TMII Izinkan Lagi Wisatawan Luar Jakarta Masuk, Kapasitas Naik 50 Persen

Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (24 Mei 2021)
May 24, 2021
PHRI: Vaksinasi karyawan hotel dan restoran berjalan lancar
May 24, 2021

Kumparan.com / Red/ 24 Mei 2021, 14:00 WIB

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kembali dibuka untuk wisatawan pada 18 Mei lalu. Sebelumnya, taman hiburan tersebut ditutup untuk mencegah kerumunan pada hari libur Lebaran 16 hingga 17 Mei.

Setelah larangan mudik berakhir, pengelola Taman Mini melonggarkan batas kapasitas pengunjung dari 30 persen menjadi 50 persen.

Kepala Seksi Informasi TMII, Mayang, mengatakan pada saat ini warga luar Jakarta sudah boleh berkunjung ke TMII. Pada masa libur Lebaran lalu, hanya warga yang memiliki KTP DKI Jakarta yang boleh mengunjungi tempat wisata tersebut.

“Iya sekarang warga di luar Jakarta, sudah boleh berkunjung ke TMII, serta kapasitas kini kami longgarkan sampai 50 persen dengan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat tentunya,” kata Mayang, seperti dilansir Antara.

Menurut Mayang, saat ini kapasitas maksimal TMII sebanyak 30 ribu orang. Jika lebih dari jumlah itu, maka gerbang akan ditutup. Namun, sejauh ini jumlah kunjungan tidak seramai saat libur Lebaran.

Pada Minggu (23/5) usai libur Lebaran 2021, TMII tampak tak seramai seperti pada libur Lebaran lalu. Area pintu masuk tempat wisata itu terlihat lengang, hanya terlihat beberapa motor dan mobil mengantre tiket.

“Sampai jam 10.00 baru ada 5 ribuan pengunjung,” ujar Mayang

Pada weekdays, rata-rata pengunjung TMII di bawah 10 ribu orang. Angka kunjungan meningkat pada weekend, yaitu di atas 10 ribu orang, bahkan lebih.

Merosotnya jumlah pengunjung berdampak pada pedagang yang berjualan di tempat wisata itu. Edi, seorang pedagang mainan anak di kawasan Tugu Api Pancasila TMII mengatakan omzetnya menurun tajam.

“Penjualan sepi, kalau dulu sebelum pandemi di hari libur Lebaran paling sedikit itu Rp 1 juta, kalau sekarang ini paling seratus sampai lima ratus ribu saja,” kata Edi.

Pengunjung tempat wisata Taman Mini dapat membeli tiket TMII langsung di loket, atau memesan secara online di situs www.ticket.temanmini.com.

Di sisi lain, Pemprov DKI Jakarta memutuskan menutup ketiga objek wisata itu pada 16-17 Mei. Setelah itu, kembali dibuka dan bisa dikunjungi warga. Tentu dengan sejumlah syarat dan protokol kesehatan yang ketat.

Bagi warga DKI yang telah memesan tiket TMII saat penutupan libur Lebaran, pengelola tidak menyediakan opsi untuk melakukan refund. Dikutip dari Instagram resmi @tmiiofficial, pengelola TMII memberi kelonggaran waktu kepada warga untuk melakukan penjadwalan ulang atau reschedule kedatangan sampai 31 Mei.

Caranya, cukup membawa bukti pembelian tiket online dan menunjukkan kepada petugas di pintu masuk. Setelah itu, warga bisa langsung masuk dan menikmati berbagai wahana dan tempat wisata di dalamnya.

Artikel Asli : https://kumparan.com/kumparantravel/tmii-izinkan-lagi-wisatawan-luar-jakarta-masuk-kapasitas-naik-50-persen-1vnxcINaEj8/full

logo