Terdampak Covid-19, Seniman dan Budayawan Jogja Terima Bantuan

Aplikasi Curhatin, Bantu Atasi Kesehatan Mental di Tengah Pandemi COVID-19
May 12, 2020
Raisa Lelang Gaun Bulan Madu, Pemenangnya Dapat Surat Cinta Spesial
May 12, 2020

Suaramerdeka.com / Sugiarto /12 Mei 2020 ,  13:30 WIB

 

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Seniman dan budayawan Yogyakarta yang terdampak pandemi Covid-19 bisa sedikit tersenyum, karena bakal mendapat bantuan dari Pemda DIY. Dana bantuan diambilkan dari Dana Keistimewaan (Danais).

Melalui Paniradya Keistimewaan memastikan Danais bisa dialokasikan untuk penanggulangan Covid-19. Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian RI No 35/PMK/07/2020 menjadi acuan Danais bisa digunakan untuk menanggulangi Covid-19 juga untuk pemberdayaan masyarakat.

Dalam siaran persnya kemarin Pimpinan Paniradya Kaistimewan, Benny Suharsono, menyebutkan, tanggal 13 Maret lalu pihaknya sudah melayangkan surat kepada pemerintah pusat terkait dengan pelaporan administrasi penggunaan Danais termin pertama.

Saat ini, lanjut dia, proses verifikasi masih dilakukan oleh pemerintah pusat untuk nantinya mencairkan termin kedua. Untuk itu, saat ini pihaknya tengah melakukan penghitungan mengenai proyeksi anggaran yang dibutuhkan untuk dapat memfasilitasi DIY yang belum menerima bantuan.

Disamping itu Paniradya juga masih berkoordinasi dengan DPKA DIY, untuk menentukan alokasi anggaran yang masih tersedia sembari proses verifikasi masih terus berjalan agar tidak ‘tumpang tindih’.

Menurutnya, Danais diarahkan untuk membantu dampak ekonomi dari ketenagakerjaan dan kebudayaan. Dana tersebut, kata dia, digunakan untuk menyentuh masyarakat yang belum menerima bantuan lain dari pemerintah.

”Kami juga mendapat masukan dari ketenagakerjaan, dari kebudayaan, terkait pihak-pihak yang akan menerima bantuan dari Danais ini,” katanya.

”Dana ini nantinya juga akan dialokasikan kepada para seniman dan budayawan di DIY yang terdampak Covid-19,” tambah Benny Suharsono, Pimpinan Paniradya Kaistimewan.

Berdasarkan data sejauh ini jumlahnya ada sekitar 3.708 orang. Adapun besaran yang akan diterima, lanjut Benny, adalah Rp 600 ribu per bulan/orang dihitung mulai bulan Maret hingga Mei.

 

Artikel Asli : https://www.suaramerdeka.com/regional/kedu/228699-terdampak-covid-19-seniman-dan-budayawan-jogja-terima-bantuan

logo