Terdampak Corona Covid-19, Tiket.com Ubah Fokus dan Prioritas

Begini Strategi tiket.com Supaya Kamu Bisa Nyaman Liburan Usai Pandemi Corona
April 13, 2020
tiket.com Prediksi Pariwisata Domestik Akan Lebih Cepat Membaik
April 13, 2020

Liputan6.com/Putu Elmira/ Diterbitkan 13 April 2020, 18.02 WIB

Liputan6.com, Jakarta – Pandemi corona Covid-19 menjadi ‘hantaman’ kuat bagi beragam sektor, tidak terkecuali dengan industri travel. Begitu pula online travel agent yang harus menelan pil pahit sejak beberapa bulan belakangan karena banyak konsumen yang memilih membatalkan perjalanan mereka.

“Travel salah satu industri yang pertama kali kena imbasnya dari Covid-19. Kemarin sibut banget di awal banyak customer ingin ubah perjalanan, refund, sampai cancelation,” kata Gaery Undarsa, Chief Marketing Officer & Co-Founder tiket.com dalam online interview, Senin (13/4/2020).

Berada di tengah krisis ini, pihaknya pun bergegas menyusun strategi. Jika awalnya penjualan menjadi fokus bisnis dengan terus mengajak orang bepergian, kini berubah haluan.

“Ubah fokus dari jualan jadi ke customer handling. Kita lihat request berubah mulai dari director level, manajemen, semua mengubah fokus ke customer handling. Kita coba mengarahkan ke sana dari segi inisiatif proyek produk development,” lanjutnya.

Ada sisi lain perjuangan bertahan di tengah krisis corona Covid-19 adalah ketika ada 100 orang volunteer yang membantu tim customer care tiket.com. “Peningkatan orang telepon, WhatsApp, email, sepuluh kali lipat dari biasa. Sebisa mungkin kita membuat customer puas,” jelasnya.

Sulit dipungkiri, refund dan reschedule menempati urutan tertinggi pada skema terdampaknya tiket.com pada virus corona baru. Pihaknya siap sedia membantu prosedur tersebut.

“Kita memasukkan informasi di web, ada satu page handling semua informasi. Tambahan kita coba update informasi ke sana. Per hari ini pending sudah minimal dan hampir enggak ada, sebagian besar keperluan customer bisa dijalankan,” kata Gaery.

Namun, ia tak menampik masih ada beberapa permasalahan yang masih harus menunggu dari supplier atau proses back office.

“Visi kami, to be the most customer-centric company, kita harus buktikan itu semua input, inquiry akan kita proses, tidak ada yang terkecuali. Resource arahkan bantu semua ini,” kata Gaery di krisis corona ini.

Artikel Asli: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4226418/terdampak-corona-covid-19-tiketcom-ubah-fokus-dan-prioritas

logo
Hubungi Kami