Terapkan Kebiasaan Baru, Disbudpar Bintan Gelar Pelatihan Manajemen HomeStay

Dukung UMKM Batik dengan Kegiatan BC
October 7, 2020
Siaran Pers : Kemenparekraf Bukukan 100 Karya Pemenang ‘Nulis dari Rumah’
October 7, 2020

Kumparan.com / Konten Redaksi Kepripedia /7 Oktober 2020, 16:13 WIB

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan saat memberikan sambutan pada pelatihan homestay di De Bintan Villa. (Foto : Istimewa)

Pariwisata Bintan mulai berbenah di era kebiasaan baru. Banyak pelaku wisata harus mengikuti protokol kesehatan yang ada, agar usaha dan ekonomi tetap bisa berjalan karena terdampak pandemic Covid-19. Dengan tingkat hunian yang menurun. Perlu penyesuaian dari segi pelayanan, baik resort, hotel maupun homestay.

Melihat keadaan itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri mengelar kembali pelatihan manajemen homestay. Pelatihan ini berupa manajemen bagi pengelola usaha homestay di Kabupaten Bintan, yang berlangsung dari tanggal 7 – 9 Oktober 2020 di De Bintan Villa.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan, Wan Rudy Iskandar, pandemi covid-19 banyak menghambat kinerja pembangunan sektor pariwisata karena minimnya tingkat kunjungan wisatawan dan pengguna jasa penginapan di Kabupaten Bintan mengalami penurunan drastis.

“Mulai berlakunya normal baru yang ditandai dengan mulai dibukanya tempat-tempat wisata dan pusat-pusat perekonomian di Provinsi Kepri. Hotel dan penginapan harus mengantisipasi secara baik terhadap sistem pelayanan yang memadai sesuai protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19,” kata Wan Rudy.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Bintan, Kartini mengatakan dengan pelatihan ini, pengelola hotel dan penginapan perlu terus meningkatkan kualitas pelayanan yang didukung sumber daya manusia (SDM) yang memadai. Sehingga penerapan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19 pada sektor pariwisata di Bintan dilakukan secara baik.

“Kami berharap pelatihan manajemen yang sedang dilakukan ini, mampu mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerah. Khususnya bagi pelaku usaha sektor pariwisata di Kabupaten Bintan di tengah pemberlakuan normal baru.” Ucap Kartini.

Artikel Asli : https://kumparan.com/kepripedia/terapkan-kebiasaan-baru-disbudpar-bintan-gelar-pelatihan-manajemen-homestay-1uLSXcBJhSe/full

logo
Hubungi Kami