Temui Sri Mulyani, Sandiaga Uno Minta Bantuan Pariwisata Dilanjutkan

Dorong UMKM, BI Ikut Kampanyekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia
January 11, 2021
Siaran Pers : Kemenparekraf Siap Dukung Pengelolaan Ekosistem Mangrove untuk Ekowisata
January 11, 2021

Kumparannews.com/Michael Agustinus/Diterbitkan 11 Januari 2021, pukul 19.15 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melakukan pertemuan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Senin (11/1). Ia meminta agar program bantuan hibah bagi pelaku usaha pariwisata dilanjutkan pada tahun ini. Pada tahun lalu Kemenparekraf mendapat dana hibah sebesar Rp 3,3 triliun.

Sandiaga mengatakan, dana hibah pada tahun lalu terserap sebesar 70 persen. Untuk itu, ia meminta sisa anggaran sekitar Rp 990 miliar dilanjutkan pada tahun ini.

“Harapannya agar ini dilanjutkan, diperluas, dan diperbanyak di 2021,” kata Sandi di Kantor Kementerian Keuangan, Senin (11/1).

Sektor pariwisata membutuhkan stimulus lantaran menjadi sektor yang paling terdampak COVID-19. Dalam catatannya, kunjungan wisatawan asing turun 75 persen selama pandemi.

Sandi mengaku sektor pariwisata tidak bisa bergantung pada APBN saja. Dalam pertemuan sore tadi, Sandi turut memberikan gambaran skema kerja sama antara pemerintah dan badan usaha baik swasta maupun BUMN.

“Kemungkinan pengembangan desa wisata kita juga mengandalkan bukan dari APBN,” lanjutnya.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga dibahas program 5 destinasi prioritas. Sandi akan memaksimalkan untuk melakukan promosi pada sektor pariwisata dengan anggaran sekitar Rp 1,6 triliun.

Artikel Asli: https://kumparan.com/kumparanbisnis/temui-sri-mulyani-sandiaga-uno-minta-bantuan-pariwisata-dilanjutkan-1uxUunh7knW/full

logo
Hubungi Kami