Telkomsel Kembali Gelar Digital Creative Entrepreneurs, Wadah Inkubasi UMKM

Kumpulkan Maskapai Penerbangan Hari Ini, Menhub Berharap Harga Tiket Pesawat Bisa Turun
August 25, 2022
Garuda Diskon Tiket 15 Persen ke Sejumlah Rute Sampai 30 Agustus
August 25, 2022

Kumparan.com / kumparanTECH/ 25 Agustus 2022, 12:01 WIB

Telkomsel kembali menggelar Digital Creative Entrepreneurs (DCE 2.0). Program bertajuk #BeyondCreativity ini bertujuan untuk menjadi platform solusi dan inkubasi bagi pengembangan entrepreneur dan brand owner lokal untuk memperkuat kreativitas, kapabilitas, dan kompetensi digital.

Telkomsel mulai buka pendaftaran DCE 2.0 pada Rabu (24/8). Melalui program bertemakan ‘Elevate Your Business Using Digital Creative’ ini, pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) diharapkan dapat meningkatkan daya saing mereka di tingkat nasional maupun global.

Saki H. Bramono, Vice President Corporate Communications Telkomsel, mengungkapkan tujuan DCE 2.0 tidak hanya agar entrepreneur dan brand owner bisa sukses di tingkat nasional atau global, tetapi juga supaya UMKM lokal bisa terus bertumbuh, menginspirasi, berinovasi, hingga pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat dari dampak pandemi COVID-19.

“Penyelenggaraan DCE 2.0 menjadi salah satu wujud komitmen Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler dalam membuka peluang mendorong kemajuan dan akselerasi pertumbuhan UMKM Indonesia.”

“Melalui peningkatan kreativitas, kapabilitas, dan kompetensi digital mereka, DCE 2.0 Telkomsel berupaya memperkuat ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan dengan mencetak wirausaha UMKM yang tangguh dan dapat membuka lebih banyak lapangan kerja baru dengan bantuan pemanfaatan teknologi digital,” tambahnya dalam pernyataan resmi, Rabu (24/8).

Para pelaku UMKM juga berkesempatan mendapatkan materi pelatihan dan pengembangan digital oleh hingga 19 pemateri dan 4 mentor ahli di bidang entrepreneurship digital. Entrepreneur dan brand owner akan mendapatkan seminar daring, workshop, hingga pendampingan (mentoring) untuk mengakselerasi bisnis digital mereka.

Pada tahun ini, DCE 2.0 membuka pendaftaran bagi 1.500 UMKM di bidang kriya, busana, makanan dan minuman, serta satu kategori baru, yaitu perawatan pribadi.

Peserta juga dapat memanfaatkan ekosistem aset dan infrastruktur Telkomsel, seperti platform 99% Usahaku untuk menunjang pertumbuhan bisnis dan manajemen keuangan, MyAds sebagai solusi periklanan dan promosi digital UMKM, Kuncie yang dapat mengembangkan keahlian bisnis dengan edukasi digital, MAXstream sebagai online venue untuk menghelat aktivitas virtual, dan Kantor Telkomsel Area untuk menghimpun UMKM calon peserta potensial.

Lebih dari 911 UMKM dari seluruh penjuru Indonesia terdaftar dan 150 UMKM telah terpilih untuk mengikuti rangkaian program DCE 2021, yang di antaranya terdiri dari webinar, entrepreneurship classes, intimate sessions, mentoring sessions, sampai dengan virtual exhibition. Seluruh peserta terbaik DCE 2021 mendapatkan bantuan modal usaha dengan nilai total mencapai 200 juta Rupiah.

DCE 2021 kemudian memilih lima UMKM sebagai peserta terbaik berdasarkan aspek produk, legalitas, finansial, digital, dan kreativitas, antara lain: Tangan Dia dari Kab. Gowa, Sulawesi Selatan (Best of The Best), Kailoka dari Kota Bandung, Jawa Barat (Terbaik Kategori Kriya), RSthelabel dari Surabaya, Jawa Timur (Terbaik Kategori Fashion), Mbrebes Mili Food dari Depok, Jawa Barat (Terbaik Kategori Makanan & Minuman), dan Kain Indonesia Co dari DKI Jakarta (Terbaik Kategori Usaha Mikro).

“Telkomsel akan terus membuka peluang dengan menghadirkan beragam inisiatif yang dapat mendukung sektor UMKM dalam melewati berbagai tantangan, sehingga dapat terus menjadi penggerak roda ekonomi bangsa di berbagai kondisi, melalui pemanfaatan teknologi terkini,” pungkas Saki.

“Kami harap DCE 2.0 dapat menjadi referensi akselerasi transformasi digital pada sektor UMKM di Indonesia, sekaligus menciptakan dampak nyata terhadap pemberdayaan UMKM dengan mencetak smart digitalpreneur yang cakap dan terampil dalam memanfaatkan perkembangan teknologi digital, melaju #BeyondCreativity dalam mengembangkan potensi bisnis mereka. UMKM bangkit, Indonesia maju!”

Artikel asli : https://kumparan.com/kumparantech/telkomsel-kembali-gelar-digital-creative-entrepreneurs-wadah-inkubasi-umkm-1yizrXRZOF4/full

logo