Tarik Minat Wisatawan, Sandiaga Siapkan Paket Wisata di 6 Venue Piala Dunia U-20

Kemenparekraf kagumi keindahan Desa Wisata Barania Sinjai
September 8, 2022
Pemerintah Siapkan Paket Wisata 6 Kota Jelang Piala Dunia U-20
September 8, 2022

Kumparan.com / kumparanTRAVEL/ 8 September 2022, 15:58 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mendukung gelaran Piala Dunia U-20 2023 yang akan segera dihelat di beberapa kota di Indonesia. Menurutnya, ajang tersebut bisa jadi salah satu cara untuk mempromosikan keindahan Indonesia pada dunia.

Sandiaga mengatakan bahwa pihaknya dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kreatif) tengah mempersiapkan berbagai hal untuk mendukung ajang pesta sepak bola dua tahunan tersebut.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan paparannya saat rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/8/2022). Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO

“Kami baru saja melakukan Ratas (Rapat Terbatas) dan sesuai dengan arahan Bapak Presiden, kita melakukan pendukungan untuk persiapan FIFA U-20 World Cup terutama berkaitan dengan promosi wisata dan penyiapan pre- and side events, dan juga produk-produk ekonomi kreatif yang akan ditampilkan saat perhelatan FIFA U-20 World Cup,” kata Sandiaga usai rapat terbatas yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, (8/9).

Event dunia sekelas Piala Dunia U-20 dikatakannya bisa jadi ruang yang tepat untuk mempromosikan keindahan Indonesia. Dengan begitu, diharapkannya hal tersebut bisa berdampak baik dengan pemulihan pariwisata Indonesia. Untuk itu, Sandiaga mengatakan pihaknya akan melakukan berbagai pendekatan, salah satunya yang berkaitan dengan promosi.

“Termasuk juga adalah bagaimana kita melakukan pendekatan dari segi digital marketing sehingga event dunia ini bisa membawa dampak positif terhadap pemulihan pariwisata, promosi destinasi, maupun juga produk-produk ekonomi kreatif kita,” imbuh Sandiaga.

Sesuai dengan apa yang ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo, Kemenparekraf siap mendukung penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Mengingat ada enam venue yang dipilih sebagai tempat penyelenggaraan ajang tersebut.

Paket Wisata di Enam Venue Gelaran Piala Dunia U-20

Sandiaga menuturkan, ada enam venue yang digunakan untuk mendukung gelaran Piala Dunia U-20. Dari keenam venue tersebut, pihaknya akan menyiapkan paket-paket wisata untuk menarik minat kunjungan wisatawan.

“Ada enam venue yang akan digunakan, tentunya Bali destinasi unggulan kita dan juga Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta, dan Surabaya. Jadi, di enam venue tersebut kita siapkan juga paket-paket wisata,” ujar Sandiaga.

Sebagai contoh, di Bali, pihaknya akan menyiapkan paket wisata di sekitar Bali. Kemudian, contoh lainnya di Surabaya, akan disiapkan paket-paket wisata di sekitar kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS) yang jadi ikonnya wisatawan.

“Kalau di Bali untuk seputar Bali, di Surabaya mungkin nanti untuk Bromo Tengger Semeru (BTS), dan di Solo untuk Borobudur, Jawa Barat banyak destinasi terutama yang berkaitan dengan destinasi alam dan juga wisata kuliner dan wisata produk ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga.

“Di Sumatera Selatan juga kita siapkan wisata berbasis sejarah dan pariwisata yang mendorong peluang terhadap produk-produk ekonomi kreatif seperti kerajinan tangan, craft, dan fashion,” pungkasnya.

Artikel asli : https://kumparan.com/kumparantravel/tarik-minat-wisatawan-sandiaga-siapkan-paket-wisata-di-6-venue-piala-dunia-u-20-1yoptajohI3/full

logo