Tanpa Karantina, Jumlah Wisman ke Bali Langsung Melonjak

Ingin Mendunia, Menparekraf Jamu Para Pembalap MotoGP dengan Kuliner khas Nusantara
March 17, 2022
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor Luncurkan Calendar of Event Kota Bogor 2022
March 18, 2022

Kumparan.com / Konten Media Partner Kanal Bali /18 Maret 2022, 8:05 WIB

Denpasar,kanalbali.com – Dampak positif mulai dirasakan dari kebijakan bebas karantina dan pemberlakukan Visa on Arrival atau VoA di . Dinas Pariwisata menyebut, peningkatan wisman terlihat dari 120 orang per hari kini mencapai 358 orang per hari.

Data itu diungkap Gunandika, Kasi Pengembangan Pasar , Jumat (18/3/2022). “Kita harapkan trend ini terus membaik. Apalagi dorong kebijakan pemerintah untuk penambahan (negara) VoA yang sekarang baru 23 negara,” ujarnya.

Menariknya, untuk wisatawan domestik atau wisdom juga mengalami peningkatan sejak diberlakukannya tanpa tes antigen dan swab PCR bagi para pelaku perjalanan dalam negeri. Pihaknya mencatat kedatangan wisdom kini per hari rata-rata 21 sampai 22 ribu dari jalur udara, laut dan darat.

Peningkatan jumlah wisatawan pun otomatis mendongkrak tingkat okupansi hotel. Wakil Ketua Bidang Budaya Lingkungan dan Humas Badan Pengurus Daerah PHRI Bali, I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya mengatakan, kupansi hotel yang sebelumnya hanya 15 persen sekarang meningkat menjadi 25 persen hingga 30 persen.

Ia juga menyebutkan, sebelum ada kebijakan tersebut okupansi hotel di Bali sangat melambat. Sehingga, para komponen pariwisata di Bali mengusulkan kepada Gubernur Bali ke pemerintah pusat dan akhirnya disetujui tetapi dengan komitmen agar SOP penerapan protokol kesehatan dilakukan secara konsisten.

“Sebelumnya (tingkat okupansi) sangat lambat maka dari itulah diusulkan melalui komponen pariwisata melalui Gubernur Bali. Bapak Gubernur Bali sangat serius dan gigih memperjuangkan ke pusat,” ujarnya. (kanalbali/KAD)

Artikel asli : https://kumparan.com/kanalbali/tanpa-karantina-jumlah-wisman-ke-bali-langsung-melonjak-1xhrhx54lMR/full

logo