Tak Ada Sanksi Bagi Wisatawan di DIY saat Libur Nataru

Semarak Festival Musik Indie Akhir Tahun
December 9, 2021
Kartu Prakerja Terbukti Tingkatkan Manfaat Bagi Penerimanya
December 10, 2021

Medcom.id/ Ahmad Mustaqim / 09 Desember 2021, 19:50 WIB

Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tak bisa memberikan sanksi kepada wisatawan tanpa adanya PPKM Level 3 pada libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Sebelumnya Pemerintah DIY memberikan sejumlah sanksi bagi wisatawan yang kedapatan melanggar protokol kesehatan di destinasi wisata.

“(Sanksi untuk wisatawan) ya tidak ada. Tempat wisata tetap buka tidak ada alasan ditutup. Kalau ditutup kita kembali ke level 3 sendiri,” kata Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Yogyakarta, Kamis, 9 Desember 2021.

Sri Sultan mengatakan aktivitas masyarakat dipastikan lebih longgar tanpa adanya PPKM Level 3. Dengan tetap bukanya berbagai destinasi wisata, Sri Sultan mengingatkan wisatawan taat dan menjaga diri menerapkan protokol kesehatan.

Ia berharap masyarakat ataupun wisatawan tak tergantung pada kebijakan pemerintah dalam menaati protokol kesehatan agar tidak terjadi lonjakan kasus covid-19 usai liburan.

“Dengan tidak dilakukannya level 3 itu harapan saya masyarakat punya kesadaran untuk menjaga dirinya, ya menghindari kerumunan, menghindari tempat-tempat yang kira-kira membahayakan kesehatannya,” jelasnya.

Ia meminta kelompok pengelola wisatawan hingga agen perjalanan, termasuk perhotelan, tetap menjalankan teknis protokol kesehatan seperti beberapa waktu lalu. Ia mengatakan induk organisasi yang menaungi sektor pariwisata perlu saling mengontrol.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, mengungkapkan kapasitas kunjungan di destinasi wisata tetap dibatasi meski tanpa PPKM Level 3. Ia mengatakan kapasitas wisatawan di tiap destinasi tetap 25 persen. Destinasi wisata akan ditutup jika ditemukan kasus covid-19.

“Memang iru tidak diharapkan (penularan covid-19 di destinasi wisata). Perlu diantisipasi, misalnya dengan pemberlakukan tiket online,” ungkapnya.

Artikel Asli : https://www.medcom.id/nasional/daerah/Zkev5w8K-tak-ada-sanksi-bagi-wisatawan-di-diy-saat-libur-nataru

logo