Pelaku pariwisata diminta terapkan protokol kesehatan dengan benar
July 22, 2020
Siaran Pers : Kemenparekraf Gelar Gerakan BISA di Pantai Depok Pekalongan
July 23, 2020

Medcom.Id/ Lukman Diah Sari / 22 Juli 2020, 23:23   WIB

Tabanan: Bupati Tabanan, Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti, menilai investasi pada bisnis berkelanjutan sangat penting untuk menghadapi masa depan. Dia melihat, perlu pembangunan hijau untuk tetap bisa bersaing.

Eka mencontohkan, program Tabanan Desa Wisata dengan Green Development Integrated Farming Tourism. Program itu, terang dia, bermula dari kesadaran pihaknya untuk menjaga dan melestarikan alam.

“Maka kami ciptakan pembangunan hijau berbasis pertanian yang menjadi modal dasar dan napas dari Tabanan,” ucapnya, dalam Virtual Talkshow Global Green Growth Institute (GGGI) dan Lembaga Administrasi Negara (LAN), bertajuk ‘Membangun Daerah yang Maju dan Berketahanan, Rabu, 22 Juli 2020.

Dia menerangkan, persaingan pada masa depan semakin rumit. Indonesia, kata dia, tengah mengalami ledakan eksploitasi sumber daya alam dan penduduk.

“Untuk menghadapinya, setiap kepala daerah wajib mendukung industri yang berinvestasi pada pertumbuhan ekonomi kerakyatan yang berkelanjutan,” jelas Eka,

Eka menuturkan, pembangunan hijau berbasis pertanian menjadi modal dan napas dari Tabanan. Dia mengaku, pihaknya telah membuat kebijakan yang mengatur perihal melindungi dan memberdayakan petani.

“Kami utamakan penggunaan produk lokal petani kami, dan kami menyedikan pasar bagi produk petani kami,” jelasnya.

Dia mengatakan, persawahan bukan hanya sebagai penghasil bahan pangan namun juga memiliki potensi lain yang bisa dimaksimalkan. Dia mencontohkan, di Tabanan para wisatawan rela membayar lebih hanya untuk menikmati keindahan persawahan.

“Hal ini membuktikan bahwa pertanian dan persawahan memiliki potensi wisata yang dapat membantu ketahanan ekonomi dan kemanan pangan,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong, menyampaikan gerakan ekonomi hijau atau pembangunan ekonomi yang memperhatikan lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan merupakan visi Indonesia untuk masa kini dan masa depan.

“Indonesia akan dan Sedang menuju pembangunan rendah karbon dan rendah emisi. Gerakan ekonomi hijau merupakan upaya konkrit mendorong pengurangan deforestasi yang manfaatnya akan dirasakan pada skala Nasional dan Global,” Kata Alue

Sumber asli : https://www.medcom.id/nasional/daerah/yNLG9QqK-tabanan-fokus-kembangkan-wisata-hijau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami