Gerakan Pakai Masker awali pembukaan aktivitas pariwisata Berau Kaltim
August 26, 2020
Bengkulu Buat Program Satu Desa Satu Kedai Kopi
August 26, 2020

Cnnindonesia.com / CNN Indonesia / 26 Agustus 2020, 15:07 WIB

Jakarta, CNN Indonesia — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membuka kembali bioskop di Ibu Kota. Rencana ini pun bakal diikuti dengan penerapan syarat protokol kesehatan yang ketat.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan hal pertama yang menjadi syarat adalah pembatasan umur masyarakat yang akan mengunjungi bioskop.

“Kami menyarankan pengunjung, mengingat ada faktor resiko yang dibawa, yang datang adalah masyarakat usia di atas 12 tahun dan di bawah 60 tahun,” kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Rabu (26/8).

Selain itu, pengunjung bioskop meski dalam kondisi sehat dan tidak boleh memiliki gejala terinfeksi Covid-19 serta penyakit bawaan seperti jantung, diabetes, penyakit pada paru-paru, ginjal, dan yang terkait dengan imunitas.

“Selain itu harus dalam kondisi sehat tidak batuk, demam lebih dari 38 derajat Celsius, bersin, flu, sesak nafas, ini perlu diperhatikan ketat,” kata Wiku.

Pengunjung bioskop juga tidak diperbolehkan makan dan minum selama menonton film, serta diwajibkan mengenakan masker selama di dalam ruangan bioskop.

Jumlah pengunjung yang datang juga akan dibatasi. Pengunjung hanya diizinkan berada dalam ruangan tidak lebih dari dua jam. Kursi penonton pun diatur sedemikian rupa sehingga tak ada kontak antar pengunjung juga petugas.

Wiku juga menyarankan agar masyarakat menggunakan masker dengan filtrasi setara atau lebih baik dari masker bedah. Ini dilakukan untuk mengurangi potensi penularan antar pengunjung.

“Demikian pula dengan pemesanan tiket, tidak dilakukan secara fisik, semuanya dengan online. Tentunya data masuk akan direkam dan apabila terjadi sesuatu bisa dilakukan tracing dengan baik,” kata Wiku.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membuka kembali bioskop di tengah pandemi Covid-19 dengan penerapan sejumlah protokol kesehatan.

“Kesimpulan pertemuan tadi dalam waktu dekat ini kegiatan bisokop di Jakarta akan kembali dibuka dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat regulasi detail dan pengawasan ketat,” ujar Anies usai pertemuan antara Pemprov DKI Jakarta dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Rabu (26/8).

Soal kepastian waktu pembukaannya, Anies belum merinci itu. Ia hanya mempersilakan pihak bioskop untuk mempersiapkan diri.

“Kami garis bawahi bahwa persiapan silahkan dilakukan, eksekusi tergantung Jakarta,” ucapnya. “Kita akan menyiapkan regulasi secara lengkap dan masukkan semua unsur,” dia menambahkan.

Infografis Protokol Kesehatan di BioskopInfografis Protokol Kesehatan di Bioskop. (CNN Indonesia/Timothy Loen)

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov DKI Jakarta sebelumnya merilis Surat Edaran Nomor 155/SE/2020. Peraturan ini mengamanatkan tentang penutupan sementara penyelenggaraan kegiatan operasional industri pariwisata dalam upaya kewaspadaan terhadap penularan infeksi Covid.

Dalam surat edaran itu, Disparekraf Pemprov DKI Jakarta merinci 14 kegiatan usaha di bidang pariwisata dan hiburan, termasuk bioskop, untuk tutup sementara terhitung mulai 23 Maret-5 April.

Kemudian pada masa PSBB transisi, DKI kembali memperpanjang penutupan sejumlah tempat hiburan hingga 27 Agustus.

Hal ini tertuang dalam Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 2976 Tahun 2020 yang ditetapkan pada 14 Agustus 2020 dan dikeluarkan Kamis (20/8).

Dikutip dari situs corona.jakarta.go.id, tercatat hingga Rabu (26/8) pagi ada 34.931 kasus positif di Jakarta. Dari angka itu sudah ada 25.986 pasien sembuh dan 1.129 orang yang meninggal.

Sumber asli : https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20200826150235-220-539547/syarat-protokol-kesehatan-pembukaan-bioskop-jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami