Survei Agoda Tahun 2021 Mengenai Tren Wisatawan Indonesia

Kembangkan Ekosistem Digital, Menparekraf: Kita Harus Pandai Tangkap Peluang
September 8, 2021
Alasan Kemenparekraf Pilih Jakarta, Medan, dan Bali Jadi Wisata Kesehatan
September 8, 2021

Medcom.id / Raka Lestari / 08 September 2021, 12:00 WIB

Jakarta: Pandemi covid-19 membawa perubahan dalam perilaku perjalanan para wisatawan Indonesia. Platform perjalanan digital Agoda melakukan survei yang berjudul Travel in 2021 mengungkapkan lima cara teratas bagaimana orang melakukan perjalanan saat ini.

“Saat ini tren masyarakat adalah melakukan staycation dengan destinasi tujuan jarak pendek. Misalnya hanya travel di Jawa atau Bali,” ujar Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda Indonesia, dalam acara Agoda Media Briefing pada Selasa, 7 September 2021.

Ia juga menambahkan bahwa dari survei yang dilakukan oleh Agoda tersebut, ditemukan juga bahwa saat ini wisatawan Indonesia sangat menyukai destinasi-destinasi lokal baru.

Berdasarkan survei tersebut ditemukan sebanyak 42 persen melakukan perjalanan singkat. Dan 37 persen mulai mengeksplorasi tujuan wisata lokal baru.

“Ini sangat penting karena kalau dulu Bali dengan Pantai Kuta itu sangat populer, saat ini sudah banyak wisatawan mengeksplor destinasi baru. Baik itu di Bali atau di tempat-tempat lain. Seperti Labuan Bajo, Sumatra, Jawa, dan tempat-tempat lainnya,” ujar Gunawan.

Kemudian saat ini, menurut Gunawan para wisatawan Indonesia menjadikan hotel tidak hanya  sebagai akomodasi ketika berlibur saja tetapi juga menjadi destinasi.

“Ini menarik karena dulu wisatawan menganggap hotel ya hotel saja, jika ingin mengeksplorasi ya keluar hotel. Sekarang cenderungnya stay di hotel dan dianggap sebagai destinasi,” ujarnya.

“Destinasi yang dimaksud adalah, dari hotel inilah para wisatawan mengeksplorasi untuk mencari experience baru. Jadi mengeksplor hal-hal yang memang sudah merupakan fasilitas dari hotel itu sendiri,” papar Gunawan.

“Dan saat ini memang banyak yang memilih hotel untuk staycation dan bekerja dari hotel atau namanya working nomaden,” ujar Gunawan.

Beberapa fasilitas hotel yang menurut Gunawan saat ini digemari adalah kelas memasak, kelas yoga, kelas pilates, ataupun berjalan di hutan atau sawah dekat hotel.

“Jadi saat ini sebaiknya hotel sudah conclude dengan paket-paket tersebut. Dan costumer memang lebih suka hotel-hotel yang sudah provide dengan experience-experience yang ditawarkan dari hotel tempat mereka menginap tersebut,” tutupnya.

Artikel Asli : https://www.medcom.id/gaya/wisata/Gbmo8GxK-survei-agoda-tahun-2021-mengenai-tren-wisatawan-indonesia

 

 

logo