Sulsel raih penghargaan desa wisata terbanyak

Wayang Jogja Night Carnival targetkan 20 ribu wisatawan
October 3, 2022
Menuju Pemulihan Pariwisata, 25 Maskapai Internasional Layani Penerbangan ke Bali
October 4, 2022

Antaranews.com / Nur Suhra Wardyah /4 Oktober 2022, 00:42 WIB

Makassar (ANTARA) – Sulawesi Selatan meraih penghargaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno sebagai provinsi dengan desa wisata terbanyak pada Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022.

Sebanyak 465 desa wisata di Sulawesi Selatan (Sulsel) diusulkan pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

“Alhamdulillah, Sulsel sebagai provinsi dengan desa wisata terbanyak pada Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel, Muh Jufri di Makassar, Senin.

Menurut dia, capaian ini sebagai komitmen Gubernur Andi Sudirman Sulaiman dalam mendorong agar desa-desa di Sulsel mengoptimalkan potensi wisata.

Termasuk dalam mendorong perbaikan infrastruktur jalan maupun dukungan dalam pemberian bantuan keuangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel untuk sarana-prasarana penunjang di daerah.

“Ini atas arahan Bapak Gubernur Andi Sudirman Sulaiman dan kerja keras seluruh pihak terutama dukungan pemerintah kabupaten/kota se-Sulsel melalui Kadis Pariwisata masing masing, Dinas Budpar khususnya Bidang Sumberdaya Pariwisata, Kelompok Sadar Wisata (PokDarwis),” katanya.

​​​​​​Tim Juri Anugerah Desa Wisata (ADWI), yakni Sugeng Handoko dan Juan Kartika Sitepu juga telah menyambangi Kabupaten Bantaeng (Sulsel). Keduanya disambut oleh Bupati Bantaeng Dr Ilham Azikin di Kantor Lurah Campaga, Bantaeng.

Mereka mengagumi potensi alam Bantaeng saat berkunjung ke Kelurahan Campaga, Kecamatan Tompobulu, Bantaeng.

Campaga merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam deretan 50 besar desa wisata ADWI 2022.

Sugeng membandingkan dengan desanya di Gunung Kidul. Potensi alam di Campaga ini lebih baik dari Gunung Kidul.

“Saya yakin, Campaga ini bisa lebih baik,” kata Sugeng.

Sugeng mengaku kagum dengan potensi alam yang ada di Bantaeng. Bantaeng berpotensi menjadi desa wisata yang terbaik di Indonesia.

Dengan potensi wisatanya, Campaga dinilai layak berada di deretan 50 besar desa wisata ADWI 2022. Posisi 50 besar ADWI ini adalah prestasi luar biasa yang patut dipertahankan.

“Ini suatu penghargaan yang luar biasa. Ini menandakan upaya pemerintah yang hadir mendorong bangkitnya pariwisata,” kata dia.

Editor: Sri Muryono

Artikel asli : https://www.antaranews.com/berita/3155909/sulsel-raih-penghargaan-desa-wisata-terbanyak

logo