Simulasi New Normal Wisata Kulon Progo Digelar Dua Pekan

Siaran Pers : Menparekraf Koordinasi dengan Pemda Pastikan Kesiapan Pariwisata Bali Implementasikan Protokol Kesehatan
June 17, 2020
Restoran Dilarang Jajakan Makanan Secara Prasmanan, Risiko Tinggi Corona
June 17, 2020

Medcom.Id / Ahmad Mustaqim / 17 Juni 2020 ,13:35  WIB

 

Kulon Progo: Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memulai simulasi penerapan new normal di sejumlah objek wisata pada Kamis, 18 Juni 2020.

Simulasi salah satunya akan digelar di objek wisata Pule Payung Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap. Serta di rumah makan dan hotel setempat.

“Prinsipnya, simulasi untuk melihat kesiapan penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Uji coba hingga akhir Juni,” ujar Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Nining Kunwantari, Rabu, 17 Juni 2020.

Nining mengatakan, pengelola objek wisata maupun wisatawan wajib memakai masker. Selain fasilitas mencuci tangan, di sejumlah titik harus dilengkapi hand sanitizer. Kemudian pengelola yang bertugas di bagian resepsionis wajib mengenakan pelindung wajah (face shield).

“Saat objek wisata dibuka aturan jaga jarak harus dijalankan. Jumlah kunjungan wisatawan oun dibatasi terutama untuk objek wisata yang sifatnya di dalam ruangan,” ungkap Nining.

Menurut dia, objek wisata di Kulon Progo lebih banyak berada di luar ruangan. Kendati memungkinkan menerima banyak pengunjung, namun Nining meminta jumlah wisatawan tetap dibatasi.

“Pembatasan jumlah wisatawan yang berkunjung ini agar bisa jaga jarak. Jangan sampai objek wisata buka justru memunculkan risiko klaster baru penyebaran covid-19,” jelas dia.

Ia menambahkan, pihaknya masih menunggu dasar hukum dari Pemerintah DIY untuk pembukaan objek wisata. Saat ini gambaran standar keamanan baru sebatas disosialisasikan melalui laman berjejaring.

“Kita menunggu SOP dari Pemerintah DIY. Objek wisata nanti rencananya akan dibuka serempak.”

 

Artikel Asli : https://www.medcom.id/nasional/daerah/ZkeB8O8K-simulasi-new-normal-wisata-kulon-progo-digelar-dua-pekan?utm_source=all&utm_medium=allfeed&utm_campaign=allpartnership

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami