Siaran Pers : Wamenparekraf Dorong Pelaku Industri Kreatif Televisi Semakin Inovatif

Siaran Pers : Menparekraf Siapkan Langkah Strategis untuk Pemulihan Desa Wisata
February 12, 2021
Siaran Pers : Menparekraf Ingin Event Skala Nasional Lebih Banyak Digelar di Badung Bali
February 12, 2021

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Wamenparekraf Dorong Pelaku Industri Kreatif Televisi Semakin Inovatif

Jakarta, 12 Februari 2021 – Perkembangan industri kreatif televisi semakin pesat di masa pandemi ini. Dimana banyak orang yang menghabiskan waktu dirumah sehingga kebutuhan akan hiburan semakin meningkat. Sinetron Tukang Ojek Pengkolan mampu menjawab kebutuhan Masyarakat akan hiburan, terbukti dengan jumlah episode yang mencapai 2.662.

Atas capaian tersebut, Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada sinetron “Tukang Ojek Pengkolan (TOP)” sebagai Sinetron dengan Jumlah Produksi Episode Terpanjang.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo saat memberikan sambutan secara virtual di acara raihan penghargaan rekor MURI sinetron Tukang Ojek Pengkolan (TOP), Kamis (11/2/2021), mengatakan, capaian tersebut menjadi bukti pelaku ekonomi kreatif dalam hal ini pelaku film mampu bertahan dengan berinovasi di sisi alur cerita. Bahkan menciptakan tren baru, serta kemampuan adaptasi dan kolaborasi yang baik antara para kru dan pemainnya.

“Saya yakin hal-hal ini dimiliki oleh ‘Tukang Ojek Pengkolan’ karena telah mencapai episode ke-2.662 dan tentunya dengan kinerjanya menjadi pilihan penonton televisi di Indonesia,” kata Angela.

Raihan ini tentu sangat membanggakan bagi para pemain dan kru TOP. Terlebih mereka dapat bertahan di masa pandemi COVID-19.

“Saya yakin ada kerja keras seluruh pemain, kru, dan pelaku-pelaku ekonomi kreatif yang terlibat. Terutama akibat pandemi COVID-19 banyak industri yang terpuruk, namun melalui televisi dan konten, pelaku ekonomi kreatif tetap bisa berkarya dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Angela berharap industri televisi dan konten dapat memberikan hiburan positif dan menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat, serta semakin meningkatkan kesejahteraan para pelakunya. Kemenparekraf/Baparekraf dikatakannya akan terus menghadirkan program yang dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pelaku ekonomi kreatif, khususnya film.

“Besar harapan saya agar industri televisi dan konten Indonesia berinovasi, terus maju memberikan hiburan dan informasi yang bermanfaat dan berdampak positif pada masyarakat luas sehingga memberikan kebanggaan tersendiri dalam mengonsumsi konten buatan Indonesia di platform milik anak bangsa,” ujar Angela.

Senior Vice President Operational TV Production MNC Pictures, Filriady Kusmara, mengatakan pencapaian ini merupakan hasil kolaborasi dari berbagai tim yang terlibat dalam mengembangkan sinetron ini.

“Kami sangat berbahagia bisa mencapai di titik ini. Ketika enam tahun lalu kita mulai, belum terpikirkan bisa capai 2.662 episode, tapi Alhamdulillah dengan dukungan semua pihak kita bisa mencapai itu semua,” ujar Filriady.

Sinetron “Tukang Ojek Pengkolan” produksi MNC Pictures ini meraih penghargaan sebagai “Sinetron dengan jumlah produksi episode terpanjang yakni mencapai 2.662 episode” dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Pendiri MURI, Jaya Suprana.

“Kami dari MURI mengakui sinetron TOP adalah pemegang rekor Indonesia. Saya harap apa yang dilakukan MNC Pictures ini dapat menjadi suri tauladan bahwa pandemi COVID-19 luar biasa sekali, tetapi MNC Pictures membuktikan bahwa putra putri terbaik Indonesia tidak gentar untuk terus berkarya menghasilkan yang terbaik bagi bangsa dan rakyat Indonesia,” ungkap Jaya.

Agustini Rahayu
Kepala Biro Komunikasi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Attachments

logo
Hubungi Kami