Siaran Pers: Menparekraf: Poltekpar Lombok Siap Sediakan SDM dan Akomodasi Sambut MotoGP 2022 dalam Rangka Mendorong Penciptaan Lapangan Kerja

Bazar dan festival UMKM disiapkan untuk sambut ajang MotoGP 2022
January 12, 2022
Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (13 Januari 2022)
January 13, 2022

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Menparekraf: Poltekpar Lombok Siap Sediakan SDM dan Akomodasi Sambut MotoGP 2022 dalam Rangka Mendorong Penciptaan Lapangan Kerja

Lombok, 12 Januari 2022 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, memastikan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok siap mendukung perhelatan MotoGP Indonesia 2022 dengan menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal dan akomodasi memadai untuk menyambut wisatawan yang datang.

Menparekraf Sandiaga saat melakukan visitasi ke Kampus Poltekpar Lombok, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Rabu (12/1/2022) menjelaskan, untuk menambah ketersediaan akomodasi di Lombok jelang perhelatan MotoGP Indonesia 2022, Poltekpar Lombok bergerak cepat menyediakan 27 kamar yang sudah disiapkan berstandar internasional.

“Selain itu kami juga menyediakan fasilitas jika diperlukan bagi campervan seperti tempat parkir dan juga camping ground lengkap dengan fasilitas toilet, air bersih, penerangan, dan listrik, yang dapat membantu akomodasi para pengunjung. Saya melihat total ada 300 orang yang bisa ditampung di kawasan Poltekpar Lombok. Selain Sarhunta, Cruise, Camping Ground, Cabin, dan Poltekpar Lombok menjadi salah satu akomodasi tambahan untuk menerima para wisatawan yang ingin menonton MotoGP 2022,” katanya.

Sandiaga juga mendorong penciptaan dan pengelolaan SDM agar menjadi salah satu faktor kunci, lantaran SDM pariwisata menjadi garda terdepan bagi wisatawan yang akan datang ke Lombok untuk menyaksikan ajang balap internasional itu pada 18-20 Maret 2022.

“Kita bergerak tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu demi kebangkitan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya berkaitan dengan persiapan MotoGP. Kalian ada di garda terdepan, kalian menjadi muka pertama bagi wisatawan yang datang ke Lombok untuk MotoGP, pastikan bahwa keramahtamahan khas Lombok ini menjadi memori dan kenangan terindah bagi para wisatawan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan, SDM yang handal harus mampu membangkitkan ekonomi dan SDM yang diciptakan harus siap kerja, itu arahan Menparekraf Sandiaga kepada civitas akademika Poltekpar Lombok.

“Sehingga mereka tidak kapok datang kesini, dan tahun depan akan datang lagi membawa keluarga keluarga hingga sanak saudara sehingga membawa kesejahteraan bagi masyarakat lombok dan sekitarnya,” ujarnya saat menyampaikan pesan kepada mahasiswa Poltekpar Lombok.

Selain Akomodasi, lanjut Sandiaga, Poltekpar Lombok juga menyiapkan penyediaan makanan dan menyediakan SDM untuk royal box. Karena akan ada VIP Village yang disiapkan.

“Kami juga diminta untuk menyediakan SDM-nya sebagai para pendukung yang nantinya akan bertugas di sana. SDM yang disiapkan untuk kesuksesan MotoGP 2022 mendatang,” ujarnya.
I Gusti Ayu Dewi Hendriyani
Kepala Biro Komunikasi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

logo