Siaran Pers: Menparekraf Dorong Mahasiswa Poltekpar Lombok Pacu Kreativitas di Sektor Parekraf

Siaran Pers : Menparekraf Targetkan Vaksinasi 6.000 Orang di Sentra Vaksinasi COVID-19 Poltekpar Medan
August 18, 2021
Yogyakarta susun aturan baru pariwisata bersiap jika PPKM dilonggarkan
August 18, 2021
SIARAN PERS
KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF
Menparekraf Dorong Mahasiswa Poltekpar Lombok Pacu Kreativitas di Sektor Parekraf
Jakarta, 18 Agustus 2021 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong mahasiswa Politeknik Pariwisata Lombok untuk memacu kreativitas dalam memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga, pada acara ‘Pembinaan Sikap Dasar Profesi Poltekpar Lombok Tahun 2021’ yang diselenggarakan oleh Politeknik Pariwisata Lombok secara daring, Rabu (18/8/2021). Ia menyampaikan bahwa mahasiswa merupakan agen perubahan kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Oleh karena itu, mahasiswa harus bisa memacu kreativitas agar dapat menjawab tantangan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.
“Adik-adik yang berbahagia, hari ini adalah hari yang penuh sejarah, saya berharap kegiatan perkuliahan nantinya adik-adik bisa meningkatkan kompetensi, menggali bakat sesuai minat. Dan juga pacu kreativitas, inovasi, terus berkontribusi untuk menjawab tantangan di bidang pariwisata yang sekarang,” kata Sandiaga.
Sandiaga menjelaskan bahwa mahasiswa juga harus mampu berinovasi tidak hanya dalam bekerja namun juga dapat berinovasi dalam menciptakan lapangan pekerjaan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.
Foto: Ilustrasi
Lebih lanjut, ia  berharap mahasiswa Poltekpar Lombok nantinya dapat mengelola Mandalika yang merupakan salah satu destinasi super prioritas. “Poltekpar Lombok harus menjadi institusi yang menopang pembangunan SDM bagi pariwisata Lombok, bagi pariwisata Indonesia, dan juga kekuatan ekonomi kreatif bangsa,” ujar Sandiaga.
Turut mendampingi Menparekraf, Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani; Kepala Biro SDMO Kemenparekraf/Baparekraf, Cecep Rukendi, dan Plt Direktur Politeknik Pariwisata Lombok, Herry Rachmat Widjaja.

Plt Direktur Politeknik Pariwisata Lombok, Herry Rachmat Widjaja, dalam sambutannya menjelaskan bahwa pembinaan dasar sikap profesi adalah tahap awal yang harus dilalui oleh mahasiswa baru dalam memasuki dan menempuh pendidikan di bidang pariwisata khususnya di Poltekpar Lombok.
“Hal ini tentu saja penting dilakukan mengingat tadi sudah disampaikan bahwa mahasiswa baru ini dari berbagai daerah dan berbagai karakter dan latar belakang pendidikan. Oleh karena itu, pembinaan dasar sikap profesi ini untuk menyamakan persepsi dalam memasuki dunia pariwisata, terlebih menghadapi pembelajaran dan kedisiplinan,” ujar Herry.
Herry juga menyampaikan bahwa Politeknik Pariwisata Lombok juga turut mendukung pemerintah dalam program vaksinasi agar mencapai herd immunity bagi masyarakat.
Foto: Ilustrasi
“Kami di Poltekpar Lombok, sebanyak 122 pegawai telah divaksin pada bulan Maret dan April lalu, kemudian sebanyak 500 mahasiswa sudah disuntik vaksin juga pada 12 dan13 Agustus lalu, dan dalam waktu dekat ini tanggal 21 Agustus 2021 akan hadir juga 250 yang akan disuntik melalui bantuan Polda Nusa Tenggara Barat, dengan program yang mereka lakukan,” ujarnya.  
Cecep Rukendi
Plt. Kepala Biro Komunikasi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Attachments

logo