Siaran Pers : Menparekraf Bahas Percepatan Pengembangan Sektor Parekraf dengan Pemda Sumut

Tata 3 Kawasan Cagar Budaya di Jateng, Menteri Basuki Gelontorkan Rp239,3 Miliar
March 28, 2021
Berusia 5 Tahun, Startup Aruna Harumkan Indonesia di SXSW Conference di Texas
March 29, 2021

SIARAN PERS

 

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Menparekraf Bahas Percepatan Pengembangan Sektor Parekraf dengan Pemda Sumut

Medan, 27 Maret 2021 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, membahas percepatan pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) dengan Pemerintah Daerah Sumatera Utara (Sumut).

Menparekraf Sandiaga Uno saat bertemu dengan Gubernur Sumut Eddy Rahmayadi di Medan, Sabtu (27/3/2021) menjelaskan bahwa pertemuan dengan Pemda Sumut tersebut untuk membahas pengembangan sektor pariwisata terutama dib destinasi super prioritas yang ada di Sumut.

“Hari ini saya bisa ketemu Gubernur setelah kedatangan saya yang ke tiga kalinya ke Sumut. Pertemuan membahas percepatan pengembangan sektor pariwisata di salah satu destinasi super prioritas Danau Toba agar bisa tereksekusi dengan baik,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga Uno berharap pihaknya ingin melakukan kegiatan yang terukur agar pariwisata dapat segera bangkit dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat.

“Seperti kita ketahui, masyarakat mengalami kesulitan dan perhatian akibat pandemi COVID-19. Untuk itu kita perlu tebar semangat memupuk upaya bangkit,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Menparekraf Sandiaga ada potensi besar ekonomi kreatif di Sumut untuk dapat berkembang di tengah pandemi. Terakhir ada program Desa wisata yang menghadirkan pariwisata yang inklusif, berkualitas, dan berkelanjutan.

“Kuncinya adaptasi teknologi dan onboarding dari segi pemasaran dan penjualannya,” katanya.

Gubernur Sumut Eddy Rahmayadi menjelaskan, Topografi Sumut sangat luas membentang serta memiliki jalan terpanjang dibanding provinsi lain di Indonesia. Di samping itu, keindahan alam dan budaya juga menjadi andalan.

“Terimakasih sekali lagi, dengan kehadiran Pak Menteri untuk bisa melihat secara langsung dan melihat apa yang perlu dipersiapkan untuk mempercepat sektor parekraf di Sumut,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ke depan pihaknya akan fokus mengembangkan destinasi super prioritas Danau Toba di Sumut. Gubernur Eddy menambahkan, jika potensi pariwisata Sumut sangat luas mulai dari Nias hingga destinasi lain.

“Namun Pak Menteri, perlu kami sampaikan destinasi pariwisata Sumatera Utara selain Danau Toba, Ada sungai Green Canyon, laut di Nias, dan banyak lagi tempat di Sumut yang perlu diaktifkan lagi,” ujarnya.

Agustini Rahayu
Kepala Biro Komunikasi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

logo