Siaran Pers : Kemenparekraf Siap Kolaborasi dengan BAZNAS Maksimalkan Pemberdayaan Umat

Siaran Pers : Pelaku Industri Parekraf Diimbau Perketat CHSE dan 3M Jelang Libur Lebaran 2021
May 12, 2021
Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (13 Mei 2021)
May 13, 2021

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Kemenparekraf Siap Kolaborasi dengan BAZNAS Maksimalkan Pemberdayaan Umat

Jakarta, 12 Mei 2021 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan pihaknya siap berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) guna mengoptimalkan potensi yang dimiliki untuk kebermanfaatan bersama.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno saat menerima audiensi Ketua BAZNAS RI, KH. Noor Achmad dan para Pimpinan BAZNAS secara daring, Selasa (11/5/2021).

“Dari awal saya ingin kolaborasi dengan BAZNAS untuk meningkatkan potensi yang ada di Kemenparekraf,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Salah satu yang akan dilakukan adalah dengan mengoptimalkan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS di Kemenparekraf. Juga program pemberdayaan desa wisata sehingga menghasilkan manfaat bagi umat.

“Karena kita sangat mengetahui bahwa kita baru sampai beberapa persen saja dari total potensi yang bisa kita kelola untuk kemaslahatan umat, untuk kebermanfaatan bagi sesama,” kata Sandiaga.

Ketua BAZNAS KH. Noor Achmad mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf karena telah bersedia bekerja sama dengan BAZNAS. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Sandiaga Uno karena sudah menyerahkan seluruh gajinya kepada BAZNAS,” ujar Noor Achmad.

Ia mengatakan, BAZNAS dan Kemenparekraf dapat berkolaborasi melalui berbagai program yang ada. Seperti pemberdayaan UMKM para mustahik, desa wisata, dan program-program lain yang mampu mengentaskan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan umat.

“Kami juga berharap UPZ Kemenparekraf yang sudah dibentuk dapat menjadi teladan bagi kementerian lainnya,” jelasnya.

UPZ BAZNAS Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI telah terbentuk dengan SK Ketua BAZNAS No. 10 Tahun 2021.

Adapun pengumpulan dana zakat pegawai di Tahun 2020 sebesar Rp160.942.600 dengan rutin bulanan dari 165 orang Muzakki/Pegawai dari Kemenparekraf. Pengumpulan Dana Zakat Pegawai dari Januari hingga Maret 2021 sebesar Rp37.744.900 dengan rutin bulanan dari 107 orang Muzaki/Pegawai.

Audiensi secara virtual ini dihadiri oleh Wakil Ketua BAZNAS Mokhamad Mahdum, para Pimpinan BAZNAS, Zainulbahar Noor, Nur Chamdani, Achmad Sudrajat, Saidah Sakwan, Rizaludin Kurniawan, Direktur Utama BAZNAS M Arifin Purwakananta, dan Ketua Divisi UPZ, Faisal Qosim.

Sementara dari Kemenparekraf dihadiri oleh Ketua Binrohis/Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif, Hariyanto beserta Tim Binrohis, dan Staf Khusus Menteri Bidang Keumatan Andi Maipa Dewandaru.

Di akhir acara, Menparekraf Sandiaga Uno dan Ketua BAZNAS KH. Noor Achmad saling bertukar cenderamata sebagai simbol untuk saling bersinergi dan berkolaborasi.

Vinsensius Jemadu
Kepala Biro Komunikasi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Attachments

logo