Siap-siap Menikmati Alunan Jazz di Candi Prambanan

Ganjar Pranowo Berencana Membuka Candi Borobudur, Sudah Siap?
May 15, 2020
Siaran Pers : Kemenparekraf Akan Terapkan Program CHS di Destinasi, Bali Jadi Pilot Project
May 15, 2020

Sindonews.com/Thomas Manggala/Diterbitkan 15 Mei 2020, 12.41 WIB

 

JAKARTA – Kompleks Candi Prambanan siap-siap menyambut musisi dunia dalam pagelaran Prambanan Jazz Festival 2020 yang akan digelar 30 Oktober-1 November mendatang. Ajang festival tahunan ini diundur waktunya yang semula direncanakan 3 hingga 5 Juli 2020. Pengunduran waktu juga terkait pandemi COVID-19 yang diperkirakan sudah mereda di akhir tahun tersebut.

Seperti diketahui, selain sebagai destinasi wisata, Candi Prambanan sering dipakai untuk pementasan musik dan budaya nasional maupun internasional.

Anas Syahrul Alimi, CEO Rajawali Indonesia mengatakan, Prambanan Jazz selalu dikangenin dan menjadi promosi peleburan budaya dan musik dimana di dalam festival musik tahunan ini ada narasi besar yang konsisten diwujudkan dalam festival, yakni kolaborasi mahakarya Candi Prambanan sebagai world heritage dan mahakarya musik dari musisi legendaris dalam satu waktu.

Hal itu dibuktikan dengan adanya kehadiran Kenny G, Rick Price, Sarah Brightman, Boyz II Men, Boyzone, YANNI, Brian McKnight, Calum Scott juga sederet musisi tanah air berkelas dalam perhelatan ini menjadi bukti konsistensi Prambanan Jazz Festival dari tahun ke tahun.

“Kami meminta maaf dengan penjadwalan ulang ini, turut prihatin dengan adanya pandemi Covid-19, tetapi kami tetap berupaya menghadirkan festival tahunan ini walaupun harus mengubah jadwal dan semoga pandemi ini segera berakhir,” ujar Anas Syahrul Alimi, CEO Rajawali Indonesia saat jumpa pers secara virtual yang diikuti SINDOnews, Kamis (14/5) sore.

Anas menekankan Prambanan Jazz nantinya tetap digelar dengan standar protokol pencegahan Covid-19. “Harapan kami pandemi segera berakhir, namun kami akan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19,” ucap Anas,

Lantas dengan kondisi pandemi yang juga melanda seluruh negara di dunia, apakah ada musisi yang batal tampil di festival tersebut. Sebab, beberapa penampil sudah diumumkan sejak awal tahun. Managing Director Rajawali Indonesia Communication, Tovic Raharja, menjelaskan terkait hal tersebut. Ia mengaku, sudah mengonfirmasi ke masing-masing penampil, baik musisi lokal ataupun internasional.

“Meski seluruh dunia mengalami pandemic dan banyak penundaan jadwal konser musik namun jadwal artis yang tampil, untungnya, enggak banyak berubah. Jadi, enggak terlalu masalah saat digeser. Itu kabar baiknya. Tapi, tetap ada beberapa perubahan dan tambahan artis yang saat ini belum di-announce,” ucap Tovic.

Anas Alimi, meyakinkan Prambanan Jazz 2020 tetap akan menyajikan festival yang meriah dan seru. Ia bahkan berani berjanji, festival yang selalu digelar di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta itu akan lebih banyak menampilkan artis-artis luar negeri yang akan semakin memeriahkan jalannya Prambanan Jazz tahun ini.

“Akan ada tambahan banyak artis luar negeri. Ada satu artis yang di kalangan milenial sangat besar di hari pertama, ada juga artis peraih Grammy di Spesial Show hari ke-2, dan di hari ke-3 juga ada, intinya dalam Prambanan Jazz tahun ini, kita mau memanjakan penonton dengan banyaknya artis luar. Pastinya, semua artis itu juga musikalitas jazz-nya sangat tinggi,” kata Anas.

Calum Scott adalah salah satu artis internasional yang sudah dipastikan tampil di Prambanan Jazz 2020. Lantas, bagaimana dengan pianis Indonesia yang menetap di Amerika Serikat, Joey Alexander? Joey adalah salah satu penampil yang paling ditunggu-tunggu oleh orang-orang yang hendak menonton Prambanan Jazz 2020. “Joey akan tetap main. Dia kemarin kontak saya langsung dan bilang kalau dia sangat concern dan sangat ingin main di Prambanan Jazz. Akhirnya, kita nemu tanggal untuk dia di 30 Oktober,” ujar Anas.

Alhasil, sederet artis dari mancanegara dan juga musisi Tanah Air dijadwalkan kembali menghangatkan Prambanan Jazz Festival #6 | 2020 mendatang. Panggung Festival Show pada hari pertama, akan menampilkan Fourtwnty, Hindia, Pamungkas, Andmesh, Nadine Amizah, Reality Club, Once Mekel, Joey Alexander, Kunto Aji, dan akan diupdate artis lainnya. Sementara itu pada hari kedua, panggung Festival Show akan diisi oleh Eva Celia, Isyana Sarasvati, Joko in Berlin, Egha De Latoya, dan akan diupdate artis lainnya.

Untuk perhelatan Prambanan Jazz hari terakhir, pengunjung akan dihibur dengan penampilan dari Reza Artamevia, Sinten Remen (Tribute To Djaduk F), Ardhito Pramono, Janapati (Dewa Budjana dan Tohpati), Yura Yunita, dan akan diupdate artis lainnya. Tentu, adanya perubahan jadwal dari line up artis sebelumnya karena pergantian tanggal membutuhkan penyesuaian ulang. Menariknya masih akan ada banyak artis yang akan ditambahkan dalam deretan line up artis Prambanan Jazz Festival 2020.

Sementara, untuk panggung Special Show akan diisi musisi mancanegara. Salah satunya, Postmodern Jukebox yang akan tampil pada hari ketiga. Postmodern Jukebox adalah sebuah grup musisi bergenre jazz / swing yang ditemukan oleh Scott Bradlee ini mengusung konsep unik berupa rotating musical collective.

Group asal Amerika Serikat yang eksis dalam jagat maya YouTube ini mengandalkan coveran lagu-lagu modern dengan balutan aura vintage dalam beraksi. Tak diragukan lagi, kanal PMJ sudah meraih 4 juta subscriber dan sudah tayang sebanyak 1,3 milyar kali di YouTube. Prambanan Jazz menjadi satu festival yang beruntung akan menghadirkan mereka pertama kali ke Indonesia.

Beberapa line up artis Special Show akan menjadi surprise tersendiri, seperti di hari kedua akan ada grammy’s award winner, juga hari pertama grup musik dreampop yang mengawali debut musiknya melalui soundcloud dan memiliki banyak fans di Indonesia sangat sayang untuk dilewatkan.

Selain event yang ditunda, tetap akan dihelat Prambanan Jazz Festival dengan konsep online. Prambanan Jazz Festival Online ini akan dihadirkan di depan Candi Prambanan secara istimewa karena menghadirkan tribute untuk musisi Glenn Fredly dengan pengisi acara yang merupakan sahabat dan rekan dekat musisi yang baru saja berpulang. Acara ini gratis, penonton bisa menyaksikan dari rumah masing-masing yang akan disiarkan di kanal Youtube dan Instagram.

“Nanti konser online ini lebih ke mengenang Glenn Fredly dimana sahabat dan musisi yang dekat dengan Glenn akan tampil dalam konser online yang akan disiarkan dari venue di Prambanan tanpa penonton di sana, penonton hanya dari online. Bisa diakses semua orang gratis, rencana akan diadakan pada 4 Juli 2020,” tutupnya.

Adapun untuk tiket presale II akan dibuka kembali penjualannya melalui www.tiketapasaja.com atau secara langsung di SILOL Kopi & Eatery, Kotabaru, Jogja, mulai Senin, (18/5) pukul 11.59 WIB.

Selain kategori tiket yang sudah di-release sebelumnya yaitu tiket Daily Pass – Festival Show dengan harga presale II Rp250.000 dan special show dengan harga presale II kategori VIP (duduk tak bernomor kursi) dengan harga tiket Rp750.000 dan standing dengan harga Rp500.000 (Tiket Special Show sudah termasuk tiket Festival Show), akan ada kategori tiket baru yaitu 3 Days Pass Special Show Standing dengan harga presale II Rp1,2 juta (sudah termasuk tiket Festival Show).

Meski demikian, bagi pemegang tiket yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut bisa mendapatkan konfirmasi melalui Whatsapp ke admin CS Tiketapasaja 0811 2658 322 atau melalui email admin@tiketapasaja.com dilayani pada jam kerja (Senin-Jumat pukul 10.00 WIB-18.00 WIB dan Sabtu 10.00 WIB-14.00 WIB). “Atau juga lewat ticket box Tiket.com 0855-1500-878.

 

(wid)

Artikel Asli: https://lifestyle.sindonews.com/read/30145/156/siap-siap-menikmati-alunan-jazz-di-candi-prambanan-1589519120

logo