Setelah Bali, Sandiaga Uno Akan Gelar Work From Labuan Bajo hingga Lombok

Sandiaga Uno: Anugerah Desa Wisata Dongkrak Kebangkitan Nasional
June 3, 2021
Sandiaga Uno Bagikan 4 Strategi Bangkitkan Kegiatan MICE pada INAMICE 2021
June 3, 2021

Kumparan.com /Red / 3 Juni 2021, 10:27 WIB

Skema pariwisata bertajuk Work From Bali dinilai mampu membantu pemerintah dalam mengayuh kembali industri pariwisata akibat pandemi COVID-19. Work From Bali yang rencananya digelar pada Juni ini, disediakan khusus sebagai lokasi kerja para PNS yang berasal dari 7 lembaga kementerian dan 10 BUMN di bawah komando Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.

Selain Bali, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, berencana memperluas lokasi penggarapan program itu di destinasi wisata populer, seperti Labuan Bajo dan Lombok. Sandiaga mengungkapkan bahwa rencana tersebut masih dalam tahap koordinasi dengan Kementerian Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Sandiaga Uno juga menyebut bahwa lokasi yang dipilih sebagai Work From Destinastion adalah destinasi wisata yang telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Selain itu, daerah yang terpilih merupakan kawasan zona hijau atau rendah kasus COVID-19.

”Kita juga saat ini mendapat usulan untuk membuat Work From Lombok, Work From Labuan Bajo dan destinasi-destinasi lainnya. Hibah dana pariwisata terus kita siapkan mudah-mudahan cepat diimplementasikan,” kata Sandiaga Uno, dikutip Antara.

Sejak digelarnya WFB pada kuartal I 2021, Sandiaga menyebut telah terjadi kenaikan kunjungan wisatawan domestik hingga 3 kali lipat. Berdasarkan data yang diperoleh dari Bandara Ngurah Rai Bali, jumlah kedatangan wisatawan domestik ke Bali pada awal 2021 mencapai 2.500 wisatawan.

Namun, sejak digelarnya Work From Bali oleh Kemenparekraf, jumlah kunjungan wisatawan meningkat hingga mencapai 7.500 wisatawan. Dengan adanya gebrakan tersebut, Sandiaga optimis WFB dapat mengangkat tingkat hunian hingga 30 persen.

Di sisi lain, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) telah memilih Nusa Dua sebagai proyek percontohan Work From Bali (WFB). Nusa Dua dipilih karena karena sistem manajemen tunggal, yang membuat kawasan tersebut lebih terkendali dan terawasi.

Sementara itu, Dinas Pariwisata Bali menargetkan 1.700 PNS mengikuti program Work From Bali setiap bulan. Kepala Dinas Pariwisata Bali Putu Astawa, mengatakan angka 1.700 tersebut diperoleh apabila masing-masing instansi kementerian dan BUMN mengirimkan 100 PNS untuk Work From Bali.

Artikel Asli : https://kumparan.com/kumparantravel/setelah-bali-sandiaga-uno-akan-gelar-work-from-labuan-bajo-hingga-lombok-1vrvS5JJaUA/full

logo
Hubungi Kami