Selamat, Perpustakaan Mini Warak Kayu Sukses Raih Building of the Year Award 2021

Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (22 Februari 2021)
February 22, 2021
Bangsawan Indonesia Tekstil Lahir dari Kota Tanpa Akar Batik
February 22, 2021

Liputan6.com/Putu Elmira/Diterbitkan 22 Februari 2021 pukul 10.01 WIB

Liputan6.com, Jakarta – Indonesia patut berbangga hati akan karya anak bangsa yang mampu bersaing di kancah dunia. Salah satunya adalah perpustakaan mikro bernama Microlibrary Warak Kayu yang kembali menorehkan pencapaian dan menambah panjang daftar kesuksesan.

Microlibrary Warak Kayu berhasil menyabet gelar Building of the Year Award 2021. Perpustakaan yang berada di Semarang, Jawa Tengah ini menjadi satu di antara 15 pemenang bangunan terbaik yang tersebar di seantero dunia.

Microlibrary ini merupakan inisiasi SHAU (Suryawinata Haizelman Architecture Urbanism) Indonesia yang berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, mulai dari pemerintah hingga komunitas. Warak Kayu berlokasi di pusat kota Semarang, tepatnya di Taman Kasmaran dan menawarkan pemandangan ke Kampung Pelangi.

Kabar gembira atas pencapaian Microlibrary Warak Kayu disampaikan melalui akun Instagram SHAU. Dalam kolom keterangan diungkapkan, kabar baik atas dukungan yang tiada henti dari berbagai pihak.

Microlibrary Warak Kayu is among 15 Winners of Archdaily Building of the Year Award 2021! (Perpustakaan Mikro Warak Kayu termasuk di antara 15 pemenang ArchDaily Building of the Year Awards 2021),” bunyi keterangan dalam unggahan pada 19 Februari 2021 itu.

SHAU turut mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan. “Thank you Indonesia, thank you all kind voters who made this possible! (Terima kasih Indonesia, terima kasih untuk semua pemilih yang baik yang membuat hal ini terjadi)” lanjutnya.

Dilansir dari laman ArchDaily, Senin (22/2/2021), penghargaan arsitektur ini menampilkan proyek yang dipilih oleh pembaca ArchDaily yang menyaring ribuan proyek hingga 15 karya terbaik yang ditampilkan di ArchDaily pada 2020. Setidaknya, ada hampir dari 200 ribu suara yang masuk selamat 21 hari.

Pencapaian Microlibrary Warak Kayu

Seperti tahun-tahun sebelumnya, para pemenang menampilkan spektrum luas dari beragam jenis bangunan, memberi wawasan soal betapa beragamnya profesi ini dalam beberapa dekade terakhir. Microlibrary Warak Kayu disebut telah menunjukkan kemampuan mereka untuk membuat perubahan yang nyata dan positif di tempat yang dibutuhkan. Perpustakaan mikro ini menang untuk arsitektur publik dan lanskap.

Tentu, kemenangan ini bukan kali pertama pencapaian Microlibrary Warak Kayu. Sebelumnya, mereka terpilih sebagai Popular Choice Winner pada kategori arsitektur perpustakaan menurut Architizer A+ Awards 2020.

Architizer A+ Awards merupakan kompetisi yang memusatkan pada arsitektur dan produk arsitektur terbaik di dunia dan digelar di New York setiap tahunnya. Ajang ini diikuti lebih dari 100 negara dan dinilai lebih dari 400 ribu pemilih.

Artikel Asli: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4489081/selamat-perpustakaan-mini-warak-kayu-sukses-raih-building-of-the-year-award-2021

logo