Sektor Wisata Mulai Bangkit, Dispar Pesisir Barat Gencarkan Penerapan Prokes

Siaran Pers : Kemenparekraf Gelar Bimbingan Teknis Seni Rupa Sambut Era Digital
December 3, 2020
Siaran Pers : Menparekraf Sarankan Desa Wisata Gali Potensi Alam dan Budaya
December 3, 2020

Kumparan.com / Konten ini diproduksi oleh Lampung Geh / 3 Desember 2020, 8:55 WIB

Lampung Geh, Pesisir Barat – Di tengah pandemi COVID-19 dan adaptasi kebiasaan baru, sektor pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung mulai bangkit, Dinas Pariwisata setempat gencarkan penerapan protokol kesehatan, Rabu (2/12).

Sejalan dengan diterapkannya adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19, sektor pariwisata mulai bangkit dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut juga menjadi salah satu program Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional melalui program Clean Health Safety and Entertainment atau Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di tempat wisata.

Demikian pula dengan upaya Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat dalam mengajak para pelaku dan pemilik usaha wisata tetap menerapkan protokol kesehatan. Mengusung tagar #piknikpakaimasker Dinas Pariwisata setempat gencarkan penerapan protokol kesehatan di sejumlah lokasi wisata yang ada di Pesisir Barat.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat, Emna Yati mengatakan, saat ini mulai terjadi peningkatan pengunjung atau wisatawan pada sejumlah objek wisata. Terlebih lagi menjelang akhir tahun, kemungkinan akan terjadi peningkatan pengunjung yang cukup signifikan.

Sebelumnya, di awal-awal pandemi COVID-19 di Provinsi Lampung pada pertengahan Maret 2020, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pesisir Barat mengalami penurunan pengunjung cukup drastis. Hingga kemudian berimbas pada penutupan tempat wisata untuk sementara waktu.

“Saat ini mulai ada peningkatan dibandingkan beberapa bulan yang lalu. Peningkatan pengunjung terutama terjadi setelah dilakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata. Dan alhamdulillah dengan meningkatnya jumlah pengunjung juga meningkatkan income para pelaku usaha pariwisata,” terang Emna saat diwawancarai Lampung Geh, Rabu (2/12)

Berdasarkan situasi tersebut, maka Dinas Pariwisata Pesisir Barat mengupayakan #piknikpakaimasker guna klaster penularan COVID-19 di tempat wisata.

“Upaya yang kami lakukan sampai saat ini masih tetap pada penerapan protokol kesehatan, tentunya di sejumlah destinasi wisata yang ada di Pesisir Barat. Seperti harus ada tempat cuci tangan atau menyediakan hand sanitizer, mengurai kerumunan pengunjung atau jaga jarak, serta wajib pakai masker bagi wisatawan,” papar Emna.

Sementara itu, antisipasi penularan COVID-19 pada saat libur akhir tahun, Dinas Pariwisata telah berupaya memperketat penerapan protokol kesehatan. Karena bagaimanapun animo wisatawan tidak dapat ditolak ataupun dibendung, mengingat Pesisir Barat cukup kaya akan potensi dan destinasi wisata.

“Jadi sebisa mungkin protokol kesehatan itu kita perketat, agar pengunjung itu patuh. Pengunjung yang tidak menggunakan masker, dengan terpaksa tidak kita izinkan masuk ke tempat wisata. Demikian kita himbau pada pelaku dan pemilik usaha wisata untuk menerapkannya,” katanya.

Menurut Emna, hingga saat ini, baik Pemerintah Daerah ataupun Dinas Pariwisata Pesisir Barat belum ada wacana menutup sementara tempat wisata saat akhir tahun. “Namun kita terus melakukan pengawasan ke tempat-tempat wisata dan juga hotel, untuk benar-benar menerapkan protokol kesehatan. Misalkan ada pengunjung yang tidak memakai masker, maka harus disiapkan masker untuk pengunjung,” lanjutnya.

Terkait masih adanya pengunjung atau wisatawan yang kurang patuh dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker, pihaknya mengimbau agar masyarakat sadar akan pentingnya mencegah penularan COVID-19, mulai dari diri sendiri.

“Tentunya sosialisasi kita lakukan terus, memasang banner imbauan menerapkan protokol kesehatan. Karena protokol kesehatan sekarang harus menjadi kesadaran setiap orang dalam mencegah penularan COVID-19,” pungkasnya. (*)

Artikel Asli : https://kumparan.com/lampunggeh/sektor-wisata-mulai-bangkit-dispar-pesisir-barat-gencarkan-penerapan-prokes-1uhtPpMm5c5/full

logo
Hubungi Kami