Sektor Ekraf Tertekan, Subsektor Game Malah Tumbuh Positif Selama Pandemi

Siaran Pers : Kemenparekraf Perketat Pengawasan Protokol Kesehatan di Destinasi Wisata
April 27, 2021
PHRI Jabar minta pemerintah segera buat petunjuk aturan baru OJK
April 27, 2021

Medcom.id / Eko Nordiansyah / 27 April 2021, 17:24   WIB

Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebut, pandemi covid-19 yang melanda sejak tahun lalu memberikan dampak luar biasa bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Meski begitu, masih ada dari subsektornya yang tumbuh positif.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Raden Kurleni Ukar mengatakan subsektor game masih tumbuh positif sebesar 4,47 persen selama tahun lalu. Pertumbuhan game dibawah sektor televisi dan radio yang tumbuh mencapai 10,48 persen.

“Kita perlu tetap optimistis, kita percaya dari balik masalah ini ada peluang. Subsektor TV dan radio, serta aplikasi game ini para gamers, mengalami pertumbuhan positif,” kata dia dalam webinar di Jakarta, Selasa, 27 April 2021.

Meski begitu, ia menyebut, pertumbuhan subsektor game ini masih lebih rendah. Namun hal ini tetap menjadi peluang di tengah tekanan yang dialami oleh hampir seluruh sektor ekonomi kreatif yang ada di Indonesia akibat pandemi covid-19.

“Subsektor arsitektur dan periklanan masing-masing turun 5,2 persen, kuliner terkontraksi 3,89 persen. Ketiganya paling terdampak pandemi covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu, sektor pariwisata harus anjlok tahun lalu baik dari sisi devisa maupun tenaga kerja. Bahkan devisa pariwisata pada 2020 tercatat hanya Rp3,54 miliar atau turun hampir 79,1 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp14,5 miliar.

“Bisa dilihat dari menurunya jumlah wisatawan yang turun terjun bebas ke angka 4,05 juta atau turun hampir 75 persen. Jumlah tenaga kerja juga turun 6,67 persen menjadi sekitar 13 juta,” pungkas dia.

Artikel Asli : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/ob33a0mb-sektor-ekraf-tertekan-subsektor-game-malah-tumbuh-positif-selama-pandemi

logo