Segera Terbit, Buku Panduan untuk Sektor Parekraf terkait Kenormalan Baru

Siaran Pers : Menparekraf Dorong Penyelenggara Kegiatan Daring Libatkan Pekerja Seni dalam Mengemas Acara
July 9, 2020
Pulihkan Sektor Pariwisata, PHRI Simulasi Protokol Kesehatan Bagi Industri Parekraf
July 9, 2020

Medcom.Id / Sunnaholomi Halakrispen / 09 Juli 2020, 13:36 WIB

Jakarta: Pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) merupakan salah satu sektor yang terdampak pandemi covid-19. Menyambut kenormalan baru (new normal), sektor parekraf tidak bisa dibiarkan mati begitu saja tanpa produktivitas.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pun sedang memproses penyusunan sejumlah panduan teknis, dalam bentuk handbook. Antara lain, untuk Hotel, Restoran dan Rumah Makan, Daya Tarik Wisata, Homestay, Spa, Usaha Perjalanan Wisata, Kegiatan Wisata Minat Khusus, MICE dan Event, serta Ekonomi Kreatif.

“Panduan teknis ini dibuat dengan memerhatikan indikator kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan,” ujar Wakil Menteri Parekraf, Angela Tanoesoedibjo dalam Sosialisasi Kebijakan dan Simulasi Protokol Kesehatan bagi Industri Parekraf di Masa Covid-19, Rabu, 8 Juli 2020.

Dibutuhkan kedisiplinan untuk menjalankan petunjuk yang tercantum dalam protokol, dan dibutuhkan kerja sama yang erat dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan Asosiasi. Utamanya, dalam mengawasi penerapannya agar usaha sektor parekraf tidak menjadi titik penyebaran covid-19 yang baru.

“Mari kita kembali produktif secara aman, kita jaga keselamatan diri, jaga saudara, teman kita, keluarga kita, sesama kita, kita bersama jaga Indonesia,” papar Angela.

Lebih lanjut, Angela mengatakan bahwa protokol kesehatan dapat dijadikan sebagai acuan bagi seluruh pemangku kepentingan. Tujuannya, agar melakukan aktivitas yang produktif dengan cara yang aman. Selain itu, juga berdampak positif dalam membangun kembali kepercayaan wisatawan domestik dan mancanegara.

Pembuatan handbook tersebut dibuat agar berkesinambungan dengan koordinasi intensif yang dilakukan Kemenparekraf dengan Kementerian Kesehatan. Hal itu sesuai arahan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, yang melibatkan peran serta para asosiasi di sektor parekraf.

Koordinasi tersebut membuahkan hasil yang baik, yang ditandai dengan diterbitkannya Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Di dalamnya terdapat protokol yang mengatur kebiasaan baru untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Artikel Asli : https://www.medcom.id/rona/wisata-kuliner/yNLGl9aK-segera-terbit-buku-panduan-untuk-sektor-parekraf-terkait-kenormalan-baru

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami