Sandiaga Yakin Tana Toraja Jadi Destinasi Unggulan Setelah Bali

Art Moments Jakarta Online 2 Resmi Dibuka, Beri Panggung Lebih untuk Karya Seni Digital
November 22, 2021
Nicoline Patricia Berbagi Tips dan Pengalaman Tentang Fotografi Fesyen
November 22, 2021

Cnnindonesia.com/ CNN Indonesia/ 22 Nov 2021, 16:15 WIB

Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menetapkan Desa Wisata Kole Sawangan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan sebagai satu di antara 50 desa wisata terbaik se-Indonesia. Hal ini tak lepas dari keindahan alam serta beragamnya adat istiadat di Desa Kole Sawangan.

Penetapan tersebut diyakini mampu mengembalikan kejayaan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Tana Toraja yang telah lama menjadi destinasi unggulan setelah Bali.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga ketika menyambangi Desa Wisata Kole Sawangan pada Minggu (21/11).

“Saya resmikan, saya nyatakan Desa Wisata Kole Sawangan sebagai desa wisata Indonesia Bangkit. Mudah-mudahan pencapaian ini akan menjadi awal dari kebangkitan kita ke depan,” kata Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut, dia memaparkan tujuan digelarnya ajang penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, yakni menggerakkan ekonomi secara berkeadilan di desa-desa yang sangat membutuhkan sentuhan.

Semangat yang digelorakan ADWI 2021 bertajuk ‘Indonesia Bangkit’ itu diungkapkan Sandiaga dapat dirasakan langsung di Desa Wisata Kole Sawangan.

“Mudah-mudahan ini adalah awal kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Toraja yang pernah menjadi destinasi nomor dua setelah Bali. Saya harap ini juga menjadi edukasi, menjadi satu daya tarik wisata berbasis budaya dan alam,” ungkap Sandiaga.

Semangat serupa juga disampaikan Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung. Dia menyampaikan rasa terharu, bangga sekaligus terima kasih atas penetapan desa wisata ini.

“Indonesia Bangkit ini juga sejalan dengan visi misi kami Toraja Bangkit, Produktif dan Tangguh,” ungkap Theofilus.

Karena itu, lanjutnya, dia sangat yakin sektor parekraf Tana Toraja akan kembali bangkit. Dengan demikian Tana Toraja akan kembali menjadi destinasi wisata tulang punggung kedua setelah Bali.

“Kami sangat sepakat kalau ini adalah awal dan kami yakin hadirnya seorang menteri, apalagi Pak Sandiaga Uno hadir di rumah tongkonan ini kami yakin pariwisata di Desa ini dan pariwisata di Toraja akan bangkit terus, akan menjadi pariwisata yang produktif, dan tangguh,” ungkap Theofilus.

“Bukan hanya tangguh bagi masyarakatnya, tetapi akan menjadi pariwisata tangguh di Indonesia. Kami yakin Toraja akan kembali menjadi destinasi wisata unggulan kedua, kami yakin itu bisa terwujud, karena Toraja memiliki potensi wisata yang luar biasa,” jelasnya.

Artikel Asli : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211122161330-97-724499/sandiaga-yakin-tana-toraja-jadi-destinasi-unggulan-setelah-bali

logo