Sandiaga Uno Terpukau Kain Tenun Sidan Kapuas Hulu: Khas dan Mewah

Aturan Perjalanan Diperlonggar, Penerbangan Domestik Naik 40-70 Persen
March 11, 2022
PBESI Siap Dukung IESF World Championship 2022
March 11, 2022

Inews.id/  Antara /11 Maret 2022 , 14:21WIB

PONTIANAK, iNews.id – Menparekraf Sandiaga Uno terpukau dengan kain tenun Sidan dari Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar). Menurut Sandiaga, kain tenun Sidan yang dia gunakan sangat khas dan mewah.

Sandiaga mengaku ditawari beberapa pakaian oleh Kadisporapar Kalbar untuk dikenakan. Dia lalu memilih pakaian yang terbuat dari kain tenun Sidan berwarna keemasan.

“Saya sangat terpukau dengan motif kain tenun Sidan dari Kapuas Hulu ini,” kata Sandiaga saat meluncurkan Kalender Event Pariwisata Kalimantan Barat di Pontianak, Kamis (10/3/2022).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekarnasda) Kapuas Hulu, Angeline Fremalco menjelaskan, pakaian yang dipakai Sandiaga hasil karya perajin tenun Sidan di Kapuas Hulu bernama Mila.

“Yang membuat khas dan menarik dari hasil tenun tersebut ialah pewarnaannya menggunakan dari bahan alami,” kata Angeline. Lihat juga: Mei Mei MCI curhat usia terpaut jauh dengan peserta lain, seperti mengasuh anak!

Dia mengatakan, hasil karya Mila bisa dikenal dari pelatihan yang digelar Dekarnasda Kapuas Hulu bersama Dekarnasda Kalbar.

Menurutnya, hasil karya para perajin tenun Sidan ini akan terus dikembangkan melalui pelatihan-pelatihan. Dekarnasda juga akan membantu pemasaran hasil para perajin melalui online.

“Kita akan memfokuskan pengembangan tenun Sidan seperti pelatihan bagi para perajin tenun dan cara memasarkan produk secara daring,” ujar perempuan yang juga anggota DPRD Kalbar ini.

Editor : Reza Yunanto

Artikel asli : https://kalbar.inews.id/berita/sandiaga-uno-terpukau-kain-tenun-sidan-kapuas-hulu-khas-dan-mewah/2

logo