Sandiaga Uno Pede Ekraf Jadi Sektor yang Paling Cepat Pulih Pascapandemi  

PUBG Mobile kenalkan budaya Indonesia kepada dunia lewat map Nusa  
August 30, 2022
KBRI Khartoum Gelar Pertemuan Bisnis untuk Dukung Pariwisata Indonesia
August 31, 2022

Medcom.id/  Insi Nantika Jelita / 30 Agustus 2022,16:56  WIB

Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meyakini sektor ekonomi kreatif (ekraf) dapat pulih paling cepat dibandingkan sektor-sektor lain setelah pandemi.

Pada saat ini, nilai revenue global dari character and entertainment licensing atau lisensi karakter dan hiburan cukup besar, yaitu USD275,9 juta dan diperkirakan meningkat hingga USD384,5 juta di 2028.

“Untuk itu, Indonesia perlu ambil bagian dari tren positif ini. Ekosistem industri kreatif semakin menggeliat dan paling cepat pulih,” ujar Sandiaga saat di Pameran Seni POP Art Jakarta 2022 di Senayan Park, Jakarta, dikutip Selasa, 30 Agustus 2022.

Melihat besarnya pertumbuhan peluang lisensi karakter baik domestik maupun mancanegara, Menparekraf mengatakan Indonesia harus mulai menyusun strategi komersialisasi dan perkenalan ke publik IP Licensing.

Langkah itu agar bisa turut menyumbangkan efek ekonomi yang signifikan, khususnya pada produk-produk ekonomi kreatif sebagai upaya membuka peluang usaha dan lapangan kerja, serta memberdayakan usaha mikro, kecil dan mikro (UMKM).

“Sehingga diharapkan ada penciptaan dan kebangkitan ekonomi karena terdapat 1,1 juta lapangan pekerjaan baru di 2021. Di 2024 kita targetkan 4,4 juta lapangan kerja baru dapat terealisasikan,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini sudah banyak pameran seni yang ada di Tanah Air, salah satunya Pop Art Jakarta yang digelar sejak 12 Agustus hingga 4 September 2022. “Hal tersebut bakal menggeliatkan perekonomian karena bisa membuka lapangan kerja,” ujarnya.

Artikel asli : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/VNxwql8K-sandiaga-uno-pede-ekraf-jadi-sektor-yang-paling-cepat-pulih-pascapandemi

logo