Sandiaga Uno Minta Pemda Gelar Banyak Event di Desa Wisata

KBRI Khartoum Gelar Pertemuan Bisnis untuk Dukung Pariwisata Indonesia
August 31, 2022
Kemenkes: Perluasan bahasa bentuk dukungan PeduliLindungi pada VTL
August 31, 2022

Kumparan.com/ Tugu Jogja/31 Agustus 2022, 15:08 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta kepada pemerintah daerah memperbanyak event di desa wisata. Hal ini bertujuan agar terjadi peningkatan jumlah kunjungan. Sehingga mampu menggerakkan roda perekonomian lebih banyak lagi.

Menurut Sandi, pariwisata akan memiliki multiplier effect yang besar yaitu bisa membangkitkan ekonomi 6 kali lipat. Di antaranya adalah mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang cukup banyak. Tahun ini mereka menargetkan 4,5 juta lapangan kerja baru tercipta dari sektor pariwisata.

“Kita lihat 1,1 juta lapangan kerja ini  sangat potensi jika dibangun di daerah-daerah wisata dan support UMKM,” ungkapnya, saat lakukan kunjungan ke Gunungkidul, Rabu (31/8/2022).

Terlebih Gunungkidul ingin mengembangkan pertanian, peternakan dan UMKM. Pihaknya sudah mencapai kesepakatan untuk UMKM yang ada di destinasi wisata dan pusat ekonomi kerakyatan ini akan ditingkatkan, dikurasi, diberikan pendampingan termasuk pemasaran agar bisa menembus pasar ekspor.

Sandi mengklaim dengan sentuhan dan bimbingan dari pemerintah, tingkat kunjungan wisatawan ke Desa Wisata selalu mengalami kenaikan. Tahun lalu sudah ada peningkatan sekitar 30 persen dan tahun ini bagaimana kegiatan visitasi dari 50 desa wisata ini secara berkelanjutan juga bisa menambah kualitas dari kunjungan wisatawan

“Wisatawan harus Rojali (Rombongan Jajan dan Beli) sehingga ekonomi lokal berkembang. Mereka juga harus nabung menjadi agen-agen promosi sehingga desa wisata akan semakin dikenal masyarakat,” kata dia.

Rabu siang, Sandi berkesempatan mengunjungi Desa Wisata Tepus (Dewi Kampus) Gunungkidul. Desa wisata yang berada di tepi pantai Gunungkidul ini menjadi salah satu desawiaga yang masuk 50 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dari 3.500 desa wisata

Sandi mengaku kagum dengan kondisi Desa Wisata Tepus.  Karena ternyata di balik keindahan alam juga ada konsep budayanya yang masih lestari. Sehingga Dewi Kampus ini menjadi paket komplit nature and culture.

Desa Wisata Tepus menjadi produk ekonomi kreatif yang sangat komplit. Di samping itu, di desa wisata ini juga sudah terbangun ekosistem dengan homestay dan yang terlihat masyarakat di Desa Wisata ini bisa merasakan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan.

Sementara untuk desa Wisata yang masih mati suri, ia meminta agar belajar ke desa wisata yang telah berhasil sehingga diharapkan mampu mengkolaborasikan agar lebih maju lagi.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta berharap kunjungan tersebut dapat berdampak kepada perekonomian wilayah Gunungkidul. Di samping nanti juga akan membuat pariwisata di Gunungkidul semakin maju.

Artikel asli : https://kumparan.com/tugujogja/sandiaga-uno-minta-pemda-gelar-banyak-event-di-desa-wisata-1ylfRce4rho/full

logo