Sandiaga Uno Berharap Pentas Danau Toba Dapat Mendorong Pemulihan Ekonomi

OTA: MotoGP berkontribusi positif untuk Mandalika dan sekitarnya  
March 23, 2022
Aceh gelar festival kopi sambut kontingen muktamar dokter Indonesia
March 24, 2022

Kumparan.com / kumparanTRAVEL /  23 Maret 2022, 15:49 WIB

Berbagai cara kini tengah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk membangkitkan sektor  yang terpukul akibat pandemi COVID-19. Salah satunya adalah dengan mendorong agar pagelaran event di Destinasi Pariwisata Prioritas (Pentas)  bisa membantu pemulihan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

“Pentas Danau Toba ini diharapkan dapat berkontribusi secara maksimal dalam mendukung kebangkitan ekonomi dan industri parekraf di Indonesia, khususnya di Danau Toba dan Sumatra Utara, sekaligus mendukung program-program kegiatan Kemenparekraf RI yang berkualitas, berkelanjutan dan inklusif,” ujar Menparekraf , seperti dikutip dari keterangan resminya.

Pentas Danau Toba merupakan program apresiasi dan fasilitasi kepada para pelaku seni dan budaya lokal. Nantinya, event ini akan diselenggarakan secara rutin setiap bulan, dengan melibatkan pelaku seni dan budaya dari delapan kabupaten di kawasan Danau Toba.

“Pentas Danau Toba akan dilaksanakan sekaligus sebagai tindak lanjut kunjungan dan peresmian sarpras (sarana dan prasarana) pariwisata di Kawasan Danau Toba oleh Presiden RI pada Februari lalu. Pentas Danau Toba akan diselenggarakan secara rutin setiap bulannya,” tutur Sandiaga.

Program ini juga diharapkan bisa mendorong hadirnya event-event berkelanjutan yang menjadi roda penggerak pariwisata dan ekonomi kreatif di Danau Toba.

Untuk itu, guna mensukseskan event ini, Kemenparekraf juga mendorong agar penyelenggaraan pentas tersebut bebas sampah dan menggunakan bahan ramah lingkungan. Selain itu, harus melibatkan UMKM lokal, sehingga mampu berkontribusi bagi kebangkitan ekonomi masyarakat.

Bahkan, Presiden Jokowi juga mengarahkan agar masyarakat dan seluruh pihak dapat bersama-sama menjaga dan merawat fasilitas di Pantai Bebas. Sehingga dapat digunakan untuk penyelenggaraan event secara bergulir.

“Arahan presiden, fasilitas di Pantai Bebas Parapat tempat diselenggarakannya Pentas ini harus dirawat dan dipastikan kondisi yang terjaga. Ini milik bersama, kita harus jaga dengan rasa tanggung jawab, karena ini bagian dari tatanan ekonomi baru,” pungkas Sandiaga.

Artikel asli : https://kumparan.com/kumparantravel/sandiaga-uno-berharap-pentas-danau-toba-dapat-mendorong-pemulihan-ekonomi-1xjyIB8xyPY/full

logo