Sandiaga Uno Antisipasi Resesi Global ke Sektor Pariwisata RI

Ada Agen Perjalanan Bakal IPO, Sinyal Potensi Industri Pariwisata Jadi Mesin Pertumbuhan Ekonomi RI
October 11, 2022
Resmikan Sail Tidore 2022, Mendag dorong kejayaan jalur rempah
October 11, 2022

Kumparan.com /kumparanBISNIS/ 11 Oktober 2022, 15:06 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengantisipasi resesi global yang bisa mempengaruhi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Apalagi, momentum akhir tahun dan tahun baru menjadi ajang bagi masyarakat untuk turut mendorong pemulihan pariwisata.

Selain itu, ia berharap harga tiket pesawat di akhir tahun dapat lebih terjangkau. Untuk itu, saat ini pemerintah tengah menyiapkan strategi agar resesi tak berimbas ke sektor pariwisata.

“Dan yang terpenting juga, bagaimana kita menyiapkan rantai pasok dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menghadapi potensi resesi,” ujar Sandi di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (11/10).

Selain itu, UMKM juga harus diperkuat dalam menghadapi resesi. Ia pun mengkhawatirkan ancaman resesi yang akan menimpa lapangan pekerjaan.

“Inflasi sudah mulai bisa kita atasi tahun ini, tapi tahun depan resesi kita harus bergandengan tangan untuk lebih mensupport UMKM,” tutur Sandi.

Sandi menjelaskan, saat ini harga bahan bakar jet (jet fuel) atau avtur mengalami penurunan. Dirinya pun menunggu penyesuaian terhadap penambahan serta ketersediaan kursi untuk melakukan penerbangan.

“Alhamdulillah ini harga jet fuel, avtur sudah mulai melandai,” tambahnya.

Artikel asli : https://kumparan.com/kumparanbisnis/sandiaga-uno-antisipasi-resesi-global-ke-sektor-pariwisata-ri-1z1tMxP0NCB/full

logo