Sandiaga soal Perhelatan MotoGP Mandalika di Tengah Omicron: The Show Must Go On

Indonesia Pamerkan Produk dan Destinasi Wisata di Pameran Terbesar Sri Lanka
January 24, 2022
Pelaku Ekonomi Kreatif di Gorontalo Terus Tingkatkan Keahlian Pemasaran Pariwisata
January 24, 2022

Kumparan.com / kumparanTRAVEL / 24 Januari 2022, 16:09 WIB

Perhelatan MotoGP Mandalika akan segera digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 20 Maret 2022 mendatang. Di tengah perhelatan MotoGP Mandalika yang semakin dekat, muncul kekhawatiran akan varian Omicron yang terus menyebar di Indonesia.

Ya, saat ini, sudah ada 1.600 kasus Omicron di Indonesia. Bahkan, jumlah isolasi di rumah sakit pun meningkat, khususnya di Jakarta, di mana BOR sudah mencapai 31 persen.

Melihat kekhawatiran tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengatakan bahwa kegiatan MotoGP Mandalika masih akan tetap berlanjut seperti jadwal semula, dengan skema travel bubble.

“The show must go on. Kita menyiapkan travel bubble terhadap kru dan official team,” ujar Sandiaga, dalam Weekly Press Briefing yang digelar, Senin (24/1).

Tetap berlangsungnya perhelatan MotoGP Mandalika juga, karena capaian vaksinasi yang tinggi di Nusa Tenggara barat (NTB). Saat ini, vaksin dosis pertama sudah mencapai 100 persen, dan vaksin dosis kedua sudah lebih dari 70 persen.

“Alhamdulillah NTB sebagai tuan rumah sudah siap dan capaian vaksinasi dosis pertama 100 persen, dan dosis kedua di atas 70 persen. Kami melihat booster juga mulai digenjot,” terang Sandiaga.

Meskipun demikian, Pemerintah Indonesia juga melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) akan menerapkan travel bubble, terhadap kru, official, serta petugas yang terlibat dalam MotoGP.

“Kami sekarang sedang memfinalisasi konsep travel bubble, tapi ini untuk kru, official, teknisi, dan pebalap MotoGP. Karantina juga akan diatur dalam travel bubble, karena ini akan disesuaikan dengan situasi pandemi saat perhelatan berlangsung,” ujar Sandiaga.

Nantinya, dalam teknis travel bubble ini, para kru dan official team MotoGP harus melakukan tes PCR sebelum berangkat ke Indonesia dan ketika tiba di Tanah Air. Mereka juga diwajibkan berkegiatan hanya di dalam gelembung Mandalika, dan tidak boleh pergi atau berwisata ke tempat lain di Lombok.

Sementara itu, bagi para wisatawan Indonesia yang ingin menonton MotoGP, Sandiaga mengatakan bahwa mereka tidak perlu masuk ke dalam gelembung. Para penonton nantinya bebas berwisata ke berbagai destinasi yang ada di Lombok.

“Penonton tidak perlu masuk ke dalam gelembung. Namun, mereka harus mematuhi surat edaran yang diterbitkan Satgas bahwa berkegiatan dengan protokol kesehatan. untuk penonton mereka bebas berwisata, tapi tidak (berlaku) untuk kru dan official (team motoGP),” pungkas Sandiaga.

Artikel asli : https://kumparan.com/kumparantravel/sandiaga-soal-perhelatan-motogp-mandalika-di-tengah-omicron-the-show-must-go-on-1xN1ZzPZUEx/full

logo