Sandiaga Harap SP Parekfraf Dorong Kesejahteraan Pekerja Ekonomi Kreatif

BPS catat TPK hotel di Kota Malang pada Februari 43,74 persen
April 1, 2022
Sistem Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro
April 2, 2022

Medcom.id / Arga sumantri / 01 April 2022, 16:41   WIB

Lombok: Serikat Pekerja Pariwisata Ekonomi Kreatif (SP Parekraf) resmi terbentuk Rabu, 30 Maret 2022. Organisasi ini dideklarasikan sejumlah anggota Serikat Pekerja Pariwisata (SP PAR).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik keberadaan Serikat Pekerja Parekraf. Organisasi ini diharapkan bisa mendorong penciptaan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan para pekerja di sektor Parekraf.

“Selamat bermitra untuk penciptaan lapangan kerja dan ekonomi baru,” ujar Sandiaga Uno, Jumat, 1 April 2022.

Pimpinan SP PAR Djoko Susilo mengatakan sebanyak 14 dari 17 pimpinan daerah pariwisata bergabung dalam organisasi ini. Tiga lainnya akan menyusul.

“Antara lain, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jakarta, Yogyakarta, Sumatra Utara, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan,” kata Djoko.

Salah satu tokoh gerakan SP Parekraf Theo Tulung menambahkan dalam rangka menyambut berkembangnya wisatawan ke Indonesia, maka diperlukan kesiapan sumber daya manusia yang mumpuni. Kesejahteraan para pekerjanya juga harus meningkat demi mewujudkan hal tersebut.

Deklarasi ini, kata dia, bagian dari keinginan agar pekerja pariwisata turut serta dalam pengembangan pariwisata Indonesia. SP Parekraf akan bergabung dengan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI).

“Dengan nama baru ini maka jangkauan untuk pekerja bisa lebih luas lagi,” ungkap Theo.

Deklarasi SP Parekraf digelar di Lombok, NTB. Jumhur Hidayat didapuk menjadi ketua SP Parekraf selama lima tahun ke depan.

“Masa depan pendapatan untuk Indonesia adalah dari Pariwisata dan ini adalah gifted atau pemberian dari Yang Maha Kuasa. Keterlaluan kalau kita tidak menyambut ini dengan mempersiapkan diri dengan baik,” kata Jumhur.

Artikel asli : https://www.medcom.id/nasional/daerah/yNLLg41N-sandiaga-harap-sp-parekfraf-dorong-kesejahteraan-pekerja-ekonomi-kreatif

logo