Sandiaga Dukung Pertumbuhan Industri Kreatif via IdeaFest 2022

UMKM dan Investor Match Making di Floratama Academi 2022
November 22, 2022
Liburan ke Desa Wisata Makin Mudah Lewat Program “Beti Dewi” Kemenparekraf
November 22, 2022

Medcom.id/ Antara / 22 November 2022, 11:32 WIB

Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung perhelatan IdeaFest 2022 yang merupakan festival akbar tahunan. Hal itu dengan tujuan menghubungkan sekaligus mempertemukan komunitas kreatif dengan para tokoh kreatif inspiratif berpengaruh.

“Para pelaku industri diajak untuk kembali re:connected, re:introduced, re:established, re:live, dan re:create,” ujar Sandiaga Uno, dilansir dari Antara, Selasa, 22 November 2022.

Dia mengharapkan IdeaFest 2022 bertema ‘Reality Re:defined’ dapat menjadi wadah bagi para komunitas, merek, serta pelaku industri kreatif lainnya, untuk terus mengembangkan karya dan inovasi terbaik mereka.

“Saya sudah terlibat dari tahun pertama IdeaFest, dan saya ingin kedepannya IdeaFest secara strategis bekerja sama dengan Kemenparekraf. Saya ingin kita kolaborasi dengan IdeaFest,” ucap Menparekraf.

Sandiaga berpesan agar protokol kesehatan dijaga dalam pelaksanaan IdeaFest 2022 dengan memastikan semua proses untuk mengadakan festival tersebut memperoleh panduan Cleanliness, Health, Safety, Environment, and Sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sehingga kegiatan itu tak over crowd.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam menyatakan ada sejumlah topik yang dibahas dalam IdeaFest 2022, salah satunya adalah Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif terkait pembiayaan berbasis Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atau IP Base Financing.

“Akan ada beberapa pembicara terkait dengan hal tersebut. Yang lain juga ada beberapa nanti event base program yang akan dilakukan oleh teman-teman dari IdeaFest,” kata Neil.

Dalam kesempatan yang sama Chief Marketing Officer (CEO) Samara Group Desy Bachir menerangkan IdeaFest 2022 hadir kembali secara luring setelah sempat terdampak akibat pandemi covid-19. Ajang tersebut akan berlangsung pada 24-27 November di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, dengan menyuguhkan berbagai hal yang berbeda.

“Biasanya, kalau IdeaFest itu kami ada pilar-pilar yang kami laksanakan sendiri, tapi kali ini kami banyak yang langsung menyerahkan ke community partner. Seperti komedi festival (bekerja sama) dengan Majelis Lucu Indonesia,” ungkap Desy.

Setiap tahun IdeaFest disebut selalu menghadirkan pembicara-pembicara global. Di 2022, IdeaFest secara khusus menghadirkan Takashi Murakami, seniman kontemporer asal Jepang yang telah berkolaborasi dengan brand fashion high-end, seperti Marc Jacobs dan Louis Vuitton.

Seniman Jepang tersebut telah memiliki berbagai karya seni yang bervariasi, seperti lukisan tradisional Jepang, manga, anime, patung, instalasi, dan film berciri khasnya sendiri atau yang dikenal dengan Superflat.

Kehadiran Murakami diharapkan dapat memberikan ruang bagi pengunjung untuk berinteraksi dan membangun koneksi yang luas secara lokal maupun global. Menariknya, lanjut dia, IdeaFest menyajikan proyek Clone X – X Murakami yang juga berkolaborasi dengan RTFKT sebagai MetaHuman IdeaFest 2022.

Untuk pertama kalinya, IdeaFest menghadirkan host berupa meta human (manusia virtual) bernama drea dan droid karya Takashi Murakami. IdeaFest juga menawarkan ratusan sesi Talks and Conference dengan tema beragam seperti tren NFT, kesenian, gaya hidup sustainable, kuliner, dan musik.

Artikel asli : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/VNnO2PXb-sandiaga-dukung-pertumbuhan-industri-kreatif-via-ideafest-2022

logo