Sandiaga Dukung Family Sunday Movie 2022: Jadilah Agen Perubahan Ekraf

Intervensi teknologi bantu tempat wisata jamin kenyamanan pengunjung
February 3, 2022
Film Akad Pamerkan Pesona Mandalika
February 3, 2022

Cnnindonesia.com / CNN Indonesia / 03 Februari 2022,  14:10 WIB

Jakarta, CNN Indonesia — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuka festival film pendek bertajuk Family Sunday Movie (FSM) 2022. Hal ini menjadi salah satu cara Kemenparekraf mempercepat pemulihan ekonomi lewat parekraf.

Menparekraf Sandiaga Uno mendukung FSM yang digelar melalui Direktorat Musik, Film, dan Animasi, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif ini. Melalui FSM ini, Sandiaga pun mengajak semua pihak menjadi agen perubahan untuk sektor ekraf Indonesia.

“Melalui film pendek jadilah agen perubahan ekonomi kreatif Indonesia. Tunjukan eksistensi, wujudkan mimpi! Karena mahakarya akan selalu menemukan jalannya,” ujar Sandiaga dalam keterangan tertullsny, Kamis (3/2).

Menurut Sandiaga, FSM menjadi wadah bagi para pelaku film untuk menghasilkan karya-karya orisinil yang berkualitas. Sehingga memiliki nilai jual dan mampu bersaing di kancah nasional, bahkan internasional.

“Kami berkomitmen untuk mengapresiasi, memfasilitasi, memperluas jaringan para film maker dan komunitas film lokal untuk melahirkan generasi baru yang akan menjadi motor penggerak bagi industri kreatif di Indonesia,” ungkap Sandiaga.

Melalui FSM, lanjutnya, para pelaku film juga bisa belajar mendistribusikan hasil karyanya. Sehingga tak hanya meningkatkan performa komunitas, tetapi membuka lapangan kerja bagi masyarakat luas.

“Mari kita manfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya agar menjadi solusi di tengah keterbatasan. Bersama kita berkreasi, menciptakan karya-karya hebat, dan bermanfaat supaya lapangan kerja bisa terbuka untuk masyarakat luas,” ungkap Sandiaga.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh pihak, mulai dari pelajar, mahasiswa, komunitas film hingga pelaku ekonomi kreatif di seluruh Indonesia bisa ikut serta dalam ajang tersebut.

Syaratnya hanya berkewarganegaraan Indonesia atau berdomisili di Indonesia bagi sutradara, produser, dan penulis naskah dalam film yang ingin mendaftarkan diri.

Selanjutnya, film pendek yang dibuat merupakan fiksi atau dokumenter yang dibuat di Indonesia.

“Boleh angkat tema apapun selama tidak mengandung unsur SARA,” imbuh Sandiaga Uno.

Nantinya, Dewan Juri FSM akan memilih dua film pendek terbaik setiap bulan.

Para pemenang akan mendapat sertifikat, uang tunai, merchandise, publikasi pada portal media nasional serta diundang dalam acara meet & greet bersama Sandiaga dan para sineas nasional.

Selain itu, setiap film terpilih secara otomatis akan menjadi nominasi di malam penghargaan FSM yang diadakan pada bulan November 2022 mendatang.

“Jadwal pendaftaran dibuka mulai tanggal 2 sampai 12 Februari 2022. Segera daftarkan karyamu melalui www.familysundaymovie.com. Jangan lewatkan kesempatan ini, ya!,” ungkap Sandiaga.

Artikel asli : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220203123756-97-754510/sandiaga-dukung-family-sunday-movie-2022-jadilah-agen-perubahan-ekraf

logo